Friday 5 October 2012

cara buat rc kapal sendiri


Oke kali ini gw akan membahas gimana sih cara membuat rc versi kapal perang!!!!!
Ente,,,,dan ade” pasti penasaran dan pasti pengen coba cara maenin tu rc kapal laut,,,,,
Gg dari yang muda sampe yang tua pasti bakalan suka sama tuh yang namanya rc,,,,,,,
Dalam memainkan rc pasti ade nenek,kakek, empok dll pasti mikir sama harga tuh rc,,,,,,,
Kali ini di blog gw bakalan  nyoba membahas buat rc dengan tripleks dan modal kecil,,,,,,,
Ok dah gg usah basa- basi lagi ok,,,,,,,,
Langkah yang harus di persiapin:
-kopi,,,
-semangat jiwa yg besar,,,,
-waktu luang
-dan kreatifitas,,,,,

Bahan-bahan:
-cutter
-Pensil mekanik (karna gg sering nyerut kalo ude tumpul)
-penggaris
-lem korea
- dan 1 lagi papan tripleks yg ukuran paling tipis


Langkah pembuatan sketsa
Pertama lo jabarin dah tu tripleks dan lo buat pola sesuka dan sebesar yang lo mao
2. lo buat seketsa kya yang di bawah:

Masalah ukuran nanti gw bahas di blog ini.
3.  buat sketsa kaya dibawah gan sebagai lambung:



 4. lo potong dah depanya sebagai sudut siku buat pemecah air:

 
5. nah ini buat lambung bawah sebagai penahan air yang bertekanan dari bawah nya bang,bos, coy:
6. nah ini buat alas atasnya buat pijakan atau lantainya:
 Nah klo ud lo pada buat sekarang  tinggal perakitannya deh kan mudah,,,,,gitu aja kok repot,,,,,hahahahahahah

Step perancangan:
*langkah 6 dan yang pertama lo buat rancangan bangunnya kya gini ni:


 Angka 1 itu nunjukin step 6 yang lo buat sebagai alas buat ukuran
Angka 2 nunjukin pada step 1 yang lo buat sebagai tulang/ dek-dek yang buat lo bikin
*nah ini selanjutnya step lo ikutin,,,,,, gue saranin sih angka 2 pada step 6 yang diatas lo garis di sesuain sm ukuran space antar dek kapal.

 
*nah klo dek nya uda pada di pasang semua sekarang tinggal bentuk samping kapal kya gini gan:
Angka 3 itu gan adalah seketsa yang lo buat pada step  4
*. Yang step selanjutnya kaga gw posting gan soalnya kga gw foto,,,,,,,
Tp gw kasih tahu caranya
                -nah klo udah selesai tinggal lo pasang alas dek nya
                -ukuran panjang dek sm yg lo buat diatas harus lo samain
-habis lo pasang n lo buat kan masih ada lebih tuh tripleknya tinggal lo potong ikutin body bawahnya
* yang selanjutnya klo lo ud jadinya kya gini nih:





*. Habis kya di atas gan masih ada lagi yaitu alas atau lantainya klo di kapal beneran,,,,,karna yang tadi di pake Cuma buat  alat bantu biar kya di atas klo ud lo pasang trus lo potong ikutin bentuk dengan cara lo serut pake kater. Nih jadinya gan:

 

Nah gan ini ud jadi gan,,,,,,,,,,,tp klo di gambar ada atapnya  itu lo bisa variasi buat kya gimna tapi nanti gw posting lagi gan cara buatnya.

Semoga bermanfaat gan ,,,,,,,,,,,,,,,,

155 comments:

  1. gan mohon bantuannya untuk kirimkan pola kapalnya soalnya ane bingung dengan penjelasan agan dengan gambar soalnya tidak berbentuk pola hanya persegi panjang aza...
    mohon share ke email ane ya gan ne alamatnya assyfa2012@gmail.com thanks b4 gan bantuannya dah pingin buat neh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boss saya juga sama dengan yang lain, mohon dibantu, supaya bisa bikin rc boat, kirimkan pola kapalnya yang lengkap, alamat emailnya:
      gstueddy79@gmail.com
      Terima kasih ya Boss 🙏

      Delete
  2. lihat email, sudah saya kirim, semoga bermanfaat
    by: otak einstein

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan..sya mau juga .boleh kirim .ukuran nya .ke ariedesman84@gmail.com
      makasi sebelum ny

      Delete
    2. Saya mau dong sekalian detail ukurannya yaa ke rezamale0@gmail.com

      Delete
  3. gan saya juga pegen coba buat, boleh minta pola kapalnya juga??? kalo boleh tolong email ke saya idan.nightsky@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat email sdh sy krm, by otak einstein,,,salam boat indonesia,,

      Delete
    2. tlg kirim pola speedboatnya ke mahamerufauqanuri@gmail.com

      Delete
  4. bro...kalo software yang bisa buat bikin kapal sederhana gimana bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. software apa dulu ni gan? software elektrical apa pembuatan hard kapalnya atau hull nya?

      Delete
    2. Gan saya juga pingin coba...tolong kirimin pola kapalx ya ke email q..aliArbas@gmail.com

      Delete
    3. lihat email, sdh krm,, by:otak einstein,,

      Delete
  5. Kurang jelas gan maklun nubi noh..

    ReplyDelete
  6. Gan bgaimana cara masang mesin di speed boat rc, krim di sini andrektb24@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Gan kalau pakai styrofoam bisa gk? Kalau bisa kirim ke e-mail ane y gan, dolidiva@gmail.comel

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo stepnya pake styrofoam ane gg ada,,,cma ane pernah coba bisa,,,,asalkan bagian bawah bukan segitiga,,,,tp rata,,,,

      Delete
  8. gan tolong kirimin polanya ke uzairaalhambra@gmail.com
    Thanks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat email,,,salam homemade by otak einstein

      Delete
    2. bang bagi lah pola nya 98rohmathidatar@gmail.com

      Delete
  9. bisa gan .Tapi pendorongnya pake apa ya terus cara ngerakit remotenya gimanaa gan

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. gan bisa tolong kirimin polanya ke bimosantiko@gmail.com...thanks gan

    *kalo bisa sama rangkaian penggeraknya...maklum newbie

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mas boleh minta polanya, kbetulan saya tertarik utk membuat sendiri
    Kirim ke email saya ya
    pugu.kekal@gmail.com
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mas, kira2 biayanya habis brapa ya mas kalau komplit pakai mesin n rc nya

      Delete
    2. untuk kelas range sekitar main 100m-200 an meter pakai remot flysky ct6b 600 an,,,
      2x triplek 45-50 rb/lembar yg paling tipis
      kalo pake mesin potong rumput mending yg seken tp perfom msh oke kisaran harga 300-450 rb
      lem korea 3 botol 15 rb
      gear mesin motor 40-65 rb 3 pasang sarankan pakai yg bekas aja di loakan motor,,,kalau pakai gear untuk pakai dual propeller,,,kalau 1 propeller tidak usah pakai gear,,,,
      shaft flexible motor yg di spedometer sekitar 30 rb,,,mending pakai shaft flex yg potong rumput lebih kuat,,,
      servo rudder 2x 200 rb plus power bank (pakai yg berapa mah terserah)
      biaya tak terduga 200 rb

      total sekitar 1.5,,,itu nilai tertinggi yg saya gunakan,,,alangkah baiknya pakai yg seken tp masih ada perfomanya dan bisa nawar mungkin bisa dibawah 1 jt,,

      Delete
    3. Trims mas dijabarin dengan lengkap
      Ohy tempatnya masnya itu daerah mana ya?
      Boleh nggak pesen rc boat di masnya?

      Delete
    4. ane di jakarta,,,tp alangkah baiknya bikin sendiri gan,,,puas bsa bikin designnya,,

      Delete
    5. yg pakai mesin potong rumput bisa remote control yah....tolong di email donk apa aja yg di perlukan dan cara nya....atau saya bs pesan dan buatin part nya.body bikin sendiri

      Delete
    6. yg pakai mesin potong rumput bisa remote control yah....tolong di email donk apa aja yg di perlukan dan cara nya....atau saya bs pesan dan buatin part nya.body bikin sendiri

      Delete
    7. mesin potong rumput bsa di aplikasikan apa aja gan,,,mulai heli, termasuk boat,,, pin 7cec6cod

      Delete
  16. gan tolong kirimin polanya dong ke bimosantiko@gmail.com...thanks

    ReplyDelete
  17. kalo nyari design hull rc boat di mana ya om...makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hull ane ngeliatnya di galangan kapal,,,trz ane coba buat gan,,,kalo design dr web ane gg tau gan

      Delete
  18. Bisa minta tolong kirimin polanya ke febrihasanah@ymail.com? saya jg ingin membuat, terima kasih :)

    ReplyDelete
  19. Gan kirim prosedurny k ane ye. Mksi. Ane tertarik bikin nih andikapratama130301@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Gan boleh kirimin pola pemasangan sama perakitan mesin nya ga gan ke email ane mercy.basi@yahoo.com makasiihh ditunggu ya

    ReplyDelete
  21. Gan bisa kirim polanya dari awal sampai akhir kirim lwat email rizky.dwi.rdp@gmail.com

    thanks

    ReplyDelete
  22. lihat email by otak einstein,,,,salam rc homemade

    ReplyDelete
  23. Gan.. minta tlg kirim pola ny ya.. trs sm perangkat yg dibutuhkan.. sy rencana mau pake mesin ptg rumput. Nah klo agan ad tx sm rx bekas yg mau di jual blh skalian di tawarkan ke sya.. ekotirtasuanda@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Gan.. minta tlg kirim pola ny ya.. trs sm perangkat yg dibutuhkan.. sy rencana mau pake mesin ptg rumput. Nah klo agan ad tx sm rx bekas yg mau di jual blh skalian di tawarkan ke sya.. dananjaya040775@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Gan..bisa minta pola nya ga ? sama propelernya apa yg sesuai gan...bisa kirim ke henry_tpm@yahoo.com. trima kasih gan

    ReplyDelete
  26. Mas, bisa kirimin saya juga gak gan pola nya? Sekalian kalau bisa step pemasangan mesin dan lain lain nya ya gan. Ini email saya mas dedymaulana35@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  27. Gan, bisa kirimkan pola polannya ga gan? soalnya ane kurang jelas yg diatas, soalnya saya mau bikinya pakai gabus. ini email saya gan dovaldovinzha@yahoo.com

    ReplyDelete
  28. Gan ane juga mau bikin gan, boleh minta polanya ngga gan, email saya imronrosyadi143@gmail.com, thanks gan

    ReplyDelete
  29. gan,,kirimin jga dong polanya,,,kita ada minat ini...
    emailnya kita puanksandy@rocketmail.com

    ReplyDelete
  30. gan... minta tolong kirimin polanya, pengen coba bikin juga...
    emailnya acha.gww@gmail.com

    ReplyDelete
  31. gan minta pola nya donk via email : fahrurputra18@gmail.com. kang biar rc boat nya tahan air sama kuat dikasih apa tolong infonya thanks kang

    ReplyDelete
  32. Gan tolong kirimina ane jg pola n perangkat yg dibutuhkan serta step perakitannya.d daerah ane byk sungai.cocok bgt gaan.trim's berat buat agan otak einstein yg baik hati.ni email ane. maman.setiawan.sh@gmail.com

    ReplyDelete
  33. maaf gan boleh sy minta polanya,?bila berkenan ini email sy, yustisie@gmail.com trims gan

    ReplyDelete
  34. Mohon bantuan gan,,dmn saya bisa dapatkan remote dan resiver??? Drumah saya ada mesin babat tak di pakai,,rencana mau saya buat rc boat,,dan bagai mana cara memasang servo nya menjadi dua,,yg satu buat pedal gas dan yg satu lagi buat belok,,mohon bls di email saya ya gan,,edi.riswantokatirsp@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim email
      salam rc homemade indonesia

      Delete
  35. Mohon bantuan gan,,dmn saya bisa dapatkan remote dan resiver??? Drumah saya ada mesin babat tak di pakai,,rencana mau saya buat rc boat,,dan bagai mana cara memasang servo nya menjadi dua,,yg satu buat pedal gas dan yg satu lagi buat belok,,mohon bls di email saya ya gan,,edi.riswantokatirsp@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim email
      salam rc homemade indonesia

      Delete
    2. saya mau juga donk aristoong@yahoo.com

      Delete
    3. saya mau juga donk aristoong@yahoo.com

      Delete
  36. gan... minta tolong kirimin polanya, pengen coba bikin juga...

    ke email : achhaidar@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Gan boleh minta pola ama apa aja deh yg di perlukan agar bisa buat maklum saya di daerah gan jadi kalau beli alat"kalau bisa sekaliaan :) tkhs salam hormat oh ya.alamat email ferdi24henry@gmail.com tksh again gan...

    ReplyDelete
  38. Polanya gan tolong dikasih, trimakasih :) agrivinjonathanputra11@gmail.com

    ReplyDelete
  39. cara pasang arah kiri kanan nya gan gimana ?
    dan cara pasang tarik gas nya ?

    ReplyDelete
  40. permisi gan, boleh minta kirim email polanya ke anggitrizaka@gmail.com ?
    terimakasih sharing ilmunya. semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/file/d/0Bxi46b5tJhBnVmdCMGpWNG02Nm8/view?usp=sharing

      Delete
  41. email ukuran nya donk aristoong@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/file/d/0Bxi46b5tJhBnVmdCMGpWNG02Nm8/view?usp=sharing

      Delete
  42. Gan...mohon kirim polanya juga ga
    Deny.encore@gmail.com sy mau coba buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/file/d/0Bxi46b5tJhBnVmdCMGpWNG02Nm8/view?usp=sharing

      Delete
  43. baru liat. gan boleh dong kirim rancangannya via email penasaran pengen buat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/file/d/0Bxi46b5tJhBnVmdCMGpWNG02Nm8/view?usp=sharing

      Delete
  44. Minat bikin jg nih... Mohon infonya via email mekanik n disainnya ke agunkapriyadi93@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Minat bikin jg nih... Mohon infonya via email mekanik n disainnya ke agunkapriyadi93@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Gan ane mina buat bikin nih, tolong di kirim pola nya dong gan, yusup.dede59@gmail.com

    ReplyDelete
  47. maksih atas info yang sangat bermanfaat gan
    semoga blognya bisa nambah maju dan sukses selalu
    amiinnnn.........

    ReplyDelete
  48. Gan minat juga bikin minta polanya ya kirim ke satria94@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum mas mau tanya saya pingin belajar rc boat,,dengan sollar cell apakah bisa dibantu

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum mas mau tanya saya pingin belajar rc boat,,dengan sollar cell apakah bisa dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalakumsalam....yap tanya gan....semoga bisa bantu... :)

      Delete
  51. Mas minta polanya dong..
    Email: jovi96style@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dikirim gan,,,klik aja linknya buat download gdrive,,,kalo ada pertanyaan, tanya aja,, salam rc home made,,,

      Delete
  52. Gan saya juga pingin coba...tolong kirimin pola kapalx ya ke email q ricky_mandaruchia@rocketmail.com

    ReplyDelete
  53. Gan ane juga mau gan pola kapalnya bisa kirimke herman13tk@mahasiswa.pcr.ac.id gan .. makasih..

    ReplyDelete
  54. bisa minta polanya gan, tolong ya di share ke kuncorosony6@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Gan, boleh minta pola hull.nya gak ? Saya berminat untuk buat sendiri nih
    ilhamsyahromadhona@gmail.com
    Terimakasih,gan

    ReplyDelete
  56. gan boleh minta polanya, perlu banget nih..
    kalo bisa ukurannya yg agak kecil
    abdullahazzam24@gmail.com
    terimakasih gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan bisa minta kirim pola ke email saya akbarbintang653@gmail.com

      Delete
  57. tolong gan kirim pola nya ke email ya gan. agusasrie@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Gan untuk menempelkan tulang kapal dengan pelampungnya agan pakai apa?

    ilham.elek12@gmail.com

    ReplyDelete
  59. Mau donk om kirimin juga pola nya isnaen.rahma01@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Mau donk om kirimin juga pola nya isnaen.rahma01@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Gan boleh minta polanya gak gan saya minta pengen buat...
    gevan742@gmail.com

    ReplyDelete
  62. Gan boleh minta polanya gak gan saya minta pengen buat...
    gevan742@gmail.com

    ReplyDelete
  63. hello gan saya baru gabung..
    saya juga bang mw minta pola gambar nya....
    herdianto884@Gmail.com
    thanks bnged bang sebeolumj ny

    ReplyDelete
  64. Gan kapalnya bisa di gerakin tidak ?

    ReplyDelete
  65. Gan kapalnya bisa di gerakin tidak ?

    ReplyDelete
  66. gan bisa kirimin polanya gk ke email saya. ismiterbaik@gmail.com
    buat ngerjakan tugas gan, makasih

    ReplyDelete
  67. Maaf mas, boleh ikutan nyoba, kl di perkenankan dikirimin email ke yuniantodeki@gmail.com saya mau minta ukuran detail nya sekalian motor2 yg digunakan. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  68. Gan bisa minta tolong kirim ke email akbar.abay8@gmail.com, makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Mas minta tolong dikirim pola/sketsa nya dong, mau coba bikin, mouly.afriyan@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Gan ukuran sisi bodi kapal yg dipotong berapa×berapa,terus cara buat mesinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk body kiri/kanan ukuran lebar x panjang 10 cm x 220cm, untuk v hull/alas bawah L x P 15cm X 200cm untuk dek/ alas lebar 35 dan panjang 220 cm, nanti akan menyusut sehingga hullnya jadi 200cm/2m, itu dilebihkan 20 cm karena ada penekukan segitiga untuk depan boat sebagai pemecah ombak.

      Delete
    2. gan tolong kirim pola desainya donk ke email roni70simurangkir@gmail.com soalnya ane pgen belajar buat miniatur

      Delete
  71. Min saya minta pola nya dong min..makasih yaaa

    ReplyDelete
  72. Minta ilmunya om,boleh email ke sdwijayanto@gmail.com
    Dan kalau Sudi pula mnta ilmu lwat wa ,ni wa ana om 081804044380
    Terimakasih banyak om

    ReplyDelete
  73. Minta tolong kirim sketsanya gan.... Kirim via email.... Indahpoerrr@gmail.com

    ReplyDelete
  74. Minta tolong kirim sketsanya gan.... Kirim via email.... Indahpoerrr@gmail.com

    ReplyDelete
  75. ane juga mau minta sketsa nya gan,,
    anto9464@gmail.com terimakasih gan

    ReplyDelete
  76. sipp, akhirnya ane tau cara ngebuat yamato

    ReplyDelete
  77. sipp, akhirnya ane tau cara ngebuat yamato

    ReplyDelete
  78. gan boleh minta kirim polanya g gan ? klo boleh sama kontak agan deh mau konsul n belajar buat RCBoat...email saya gan alexandrionabilla@gmail.com

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Rizkizulfahmi@gmail... Supaya makin lancar bikinnya. Thanks gan sukses selalu

    ReplyDelete
  81. gan minta polanya bisa ,email:iyant_dw@yahoo.com

    ReplyDelete
  82. Gan bisa minta kirim pola ke email saya golunsisback@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Maaf mas boleh minta polanya,mau nyoba bikin. Trimakasih
    Email: ajipurnomo10.btm@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Sori bang, boleh minta kirimkan polanya kah.... Tganks

    ReplyDelete
  85. Maulanasantoso68@gmail.com

    ReplyDelete
  86. Maaf mas, bisa minta skema polanya nggak mas? Ini email saya mas : afanyoktaviana@gmail.com

    ReplyDelete
  87. Gan boleh minta polanya ga? Saya mau coba ini email saya ajihendrawiguna@gmail.com

    ReplyDelete
  88. Minta dong polanya gan email gw samuelfebrian2502@gmail.com

    ReplyDelete
  89. maaf gan masih kurang paham di pembuatan kerucut depan sama alasnya kaya segitiga itu, boleh minta polanya gan. email saya bejokganteng.BG@gmailcom
    terima kasih sebelumnnya

    ReplyDelete
  90. Saya mau yaa detail ukurannya rezamale0@gamil.com

    ReplyDelete
  91. bg boleh minta poli dan sketsanya bg?, ke email saya
    skywhy2908@gmail.com
    makasi bg

    ReplyDelete
  92. Gan, boleh minta pola dan sketsanya, bisa diemailkan ke indramuzeiyin.nst@gmail.com

    Makasih sebelumnya Gan

    ReplyDelete
  93. gan kirim polanya juga donk saya jg mau bikin cuma masih kurang paham ini email saya gan ikoseptiyah@gmail.com

    ReplyDelete
  94. gan,boleh minta ukuran desain kapal nya ga gan?? ini alamat email saya :
    ridwanullohdadan533@gmail.com

    ReplyDelete
  95. Maaf gan, saya boleh minta lebih detailnya?
    Tolong kirim ke email saya :
    hidayatramon12@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  96. gan bikin desain framenya itu gimana

    ReplyDelete
  97. Malam mas.. bisa minta polanya? Sy agak bingung dgn penjelasan diatas mas.. makasih mas..

    ReplyDelete
  98. I admire this article for the well-researched content and excellent wording. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so much. Wltoys 144001

    ReplyDelete
  99. Mas saya juga mau coba, boleh kirim ke email saya nggak ? syifasahidah02@gmail.com

    ReplyDelete
  100. saya juga mau dong om gambar teknisnya email saya okta.nugroho76@gmail.com

    ReplyDelete