langsung aja ane kasih pict nya,,,
gambar 1
gambar 1 yaitu pemasangan pisau turbine pada booster sepeda, terlihat 2 blade adalah bagian kompressi udara dari luar masuk untuk pembakaran,,,,,,pada 1 blade dibagian belakang, berfungsi sebagai turbine,,,saat terjadi pembakaran udara panas akan mendorong blade turbine pada tekanan tinggi dan memutarnya,,,,sehingga terjadi perbedaan panas dan tekanan udara yang mengakibatkan gaya dorong,,,,,
gambar 2. pemasangan chamber/ tempat pembakaran
gambar 2 yaitu chamber, dimana chamber berfungsi sebagai mempertahankan api untuk pembakaran agar tidak mati, pada chamber terlihat berlubang-lubang, hal ini dimaksudkan untuk udara yang di kompressi lewat untuk pembakaran, karena udara hasil kompressi hanya 30 % yang masuk ke chamber dan sisannya melewati chamber dan di mix saat melewati turbine. hal ini saya umpamakan seperti lilin yang terkena kipas angin, maka api pada lilin tersebut akan mati, tapi jika lilin itu di tutup rapat pada sebuah kaleng, lambat laun akan mati api pada lilin tersebut, tetapi jika kaleng itu dilubangi lilin itu akan menyala stabil meskipun terkena kipas angin yang besar, karena sistem dari pembakaran yaitu api + oksigen yang dibawa oleh udara.
gambar 3. tampilan saat turbine dimasukan ke cassing kaleng.
pada gambar 3 terlihat jarak antara space kaleng dan blade kompressi harus presisi dan agak rapat, kira" 2-3 mili,,,, ini dimakdudkan agar udara yang dikompressi tidak keluar melalui cela-cela space antara cassing dan blade kompressi sehingga tekanan akan menurun, begitu juga blade untuk turbine.
gambar 4 bagian blade turbine
pada gambar 4 terlihat garis potongan antara diameter tengah dan potongan blade lebih kecil dibanding blade kompressi, hal ini dimaksudkan karena tekanan hasil kompressi sangat besar, sehingga saat mendorong blade turbine tidak bengkok serta memperkecil gerak ruang udara, sehingga saat udara yang di kompressi bertekanan tinggi maka udara panas akan keluar pada cela yang sempit untuk memaksimalkan tekanan menjadi besar, seperti halnya kompressor untuk mensupply udara dengan tekanan 10 bar dengan menggunakan selang besar, maka tekanan pada output tidak menjadi 10 bar melainkan menurun, tetapi jika menggunakan selang yang kecil maka akan mendapatkan tekanan yang sama pada kompressor.
saat pembuatan turbine banyak hal yang menjadi faktor dalam keberhasilan.
1. faktor pembuatan blade, banyak blede setelah dibuat bukannya bulat tetapi sedikit lonjong,,,,maka putaran tidak teratur.
2. space antara chasing dan blade, faktor ini sangat berpengaruh, karena tekanan yang dihasilkan akan keluar dari space antara chasing dan blade yang besar (umpan balik udara menuju keluar lagi).
3. pembuatan chamber, faktor ini juga sangat berpengaruh, karena jika udara terlalu besar masuk ke chamber maka api akan sering mati dan mempengaruhi pembakaran.
4. banyaknya blade kompressi sangat berpengaruh, karena semakin banyak semakin baik, tetapi disesuaikan juga jangan sampai over,,,sekitar 8
5. faktor pembukaan bahan bakar, pembukaan bahan bakar saat starting memang menjadi masalah yang saya alami, sebaiknya saat blade diputar sebaiknya bahan bakar jangan dibuka sampai mencapai tekanan maksimum pada kompressi, setelah kompressi ok baru sedikit demi sedikit dibuka bahan bakar sekaligus disulut api.
Mas Bisa Bikin Video Tutorialnya ga
ReplyDeletesaya masih bingung di Pembuatan Bladenya dan Combustio Chamber
kalo bladenya gampang gan,,,,ente ukur aja dulu diameternya cashingnya,,,kalo ud dapet sisain 1-2mm,,,contoh diameter chasing 4 cm,,,,jd ente buat blade nya dengan diameter 3,9 atau 3,8,,,,
ReplyDeletekalo chamber harus disesuaikan jg sm cashing,,,,
kalo ada waktu nanti ane buat tutor yang lebih spesifikasi lg dh gan,,,, :)
Mas.... hasilnya gimana, apa udah dicoba???? trus sistem fuel/bahan bakarnya gimana????... bagaimana cara meningkatkan rpmnya????
ReplyDeleteberhasil gan,,,,,yah cuma pas panasnya sekitar 200 derajat kaleng jadi oval trz turbine nabrak dinding cashing kaleng,,,
ReplyDeleteuntuk sistem bahan bakar mendingan pakai gas/modivikasi gas portable buat camping, kalau pakai bensin harus pakai pompa motor untuk injeksinya,,,,kalau pakai gas harus pakai one way valve n saat di start engine keran gas di buka setelah udara dalam turbine cukup untuk pembakaran,,
untuk meningkatkan rpmnya tinggal kecilin atau besarin keran gas aja, kalau pakai bensin atur kecepatan pompa bensinnya,,,,kalo diumpamain kya masak aja pakai komporgas,,,ingin cepat yah di gedein gasnya,,,,
harus ada pendingin ruangan bakarnya biar stabil
DeleteHarusnya kalengnya diganti jadi pipa besi,kan kalo besi titik leburnya tinggi jadi bisa lebih tahan panas dan gak gampang rusak
Deletegan cara injeksi api ke mesin gimana ?
ReplyDeletepake pipa kapiler aja yg ukuran paling kecil, nah utuk injeksinya pake pompa motor tp kerugian dari fuel cair harus pompa yg bertenaga untuk nyemprotin injeksinya, tp kalo pake gas tiggal pasang aja kya kompor gas cuma kurugiannya kalo habis isi ulang dan pasang lagi.
Deletegan , booster sepeda yg gimana bentuk nya ?
ReplyDeletedan pemasangan chamber itu masih bingung -_-
yang nempel di jari-jari sepeda gan atau dibilang juga rumah as nya,,,,,
Deletesebenarnya pemasangan chamber pembakaran mao pakai cara apa sama saja gan,,,,soalnya fungsi chamber untuk pembakaran suhu bertekanan tinggi dengan api yang kontinyu tapi tidak mati.
gan kalo beli pompa bensin nya dimana ya kira2 ?
ReplyDeletepake pompa wiper mobil aja,,,,
ReplyDeletega numpang tanya, starternya pake apa? dinamo atau udara? setelah ada pembakaran apa turbinenya bisa berputar sendiri mas? oya kalo boleh tau ada sistem pendinginannya ga? bearingnya pake apa mas yang bagus dan tahan panas? terimakasih sebelumnya
ReplyDeleteawal starter pake dinamo buat mutar kipas/blade nya agar udara dr luar disedot dan di kompressi, setelah di kompressi tinggal masuk ketahap pembakaran,,,,kalo suah stabil pembakarannya, secara otomatis bladenya berputar sendiri tanpa bantuan dinamo (mati),,,,gg pake sistem pendingin gan karena pas udara mengkompressi ud otomatis dingin, tp kalo terlalu dingin udara pembakaran turun maka turbine ikut lemah mutarnya (seperti pesawat),,,,,,,, untuk bearing biasannya pake bearing yang khusus mesin yg tahan panas gg mudah pecah pelornya,,,,
Deletegan sistem pemasukan bahan bakar dan sistem pembakaranya yang effekti kira kira dari p[ercobaan dimana ya,,,
Deletetrimakasih
Keren bgt walaupun belum ngerti tapi mantap
ReplyDeleteNanti juga bakal ngerti gan :)
Deletegan nanya staternya ditaru di mana di dalam atau di luar ...lebih bagus ente buat videonya aja
ReplyDeleteDiluar gan mirip jetcat produk amerika....kalo didalam harus buat gear box T nya.....
ReplyDeletekalo video nanti dah gan yg part 2... ane lg buat sistemnya yg jenis axial....
gan... mohon bantuannya, untuk bahan2 dan gambar2 serta desainx yang dibuthkan secara lengkap.... karena saya pengen beljar dari master guru....
ReplyDeletetolong inbox ya gan... di doidi848@gmail.com
untuk biaya ilmux nanti kita bicarakan,,, karena ILMU ITU MAHAL... hehe
sebelumnya mkasih ya gan.....
Kalo ada waktu ane kasih gan mngkin minggu gan...hanya saja design ane gg ada blue print nya...karna ane buat langsung tanpa design.....nanti ane kasih step" nya aja....
DeleteSebelum nya thanks banget gan buat info nya..
ReplyDeletetapi gan mohon pencerahan buat super newbie nya dong..
Kalo buat blade ama chamber nya udah kebayang gan..
Tapi yg bikin bingung selain bearing apa lg bahan buat masang nya gan.. sama pemasangan nya dmana aja..
Trus injeksi itu apa??
Bbm nya pake bensin ato harus bensol / avtur??
Sama pemasangan dinamo nya ada dmn gan??
Trus dinamo yg di pake apa bisa pake dinamo tamiya??
Kalo ada blueprint ny sih boleh minta gan.. biar ga ngerti juga.. hehe
Maklum baru baru minat ama mesin.. :D
Untuk biar mudah komunikasinya gabung jg gan sm koment yg di atas om dodo n jg om yg lainya yg koment nanti biar ane kasih step" nya...biar ada rekan saling sharing jg gan......
Deletenah sebelumnya ane jelasin dulu gan.....
injeksi itu sistemnya gan....dengan cara disemprot pada pengapian nya.....sma kya kendaraan darat...tp bedanya pengapiannya secara terus menerus pengapiannya atau penyemburan apinya.....nah kalo kendaraan darat dy cuma bisa on off dalam arti saat piston naik, bensin di semprot trus diberi pematik api maka terjadi ledakan untuk mendorong piston mundur........tp kalo pd pesawat apinya nyala terus kya kompor gas....gg ada delay......
untuk bahan bakar tergantung selera semua punya kekurangan dan kelebihan....tp ane saranin pake yg gas aja gan karna mudah dan praktis n gg rogoh locek bayak......n kalo avtur gg ada yg jual gan secara eceran...begitu jg bensol....
Untuk dinamo pake sitem time delay relay gan.....dinamo ditaro diluar....liat aja punya merk jetcat...nah yg ada pentulannya didepan itu dinamonya.....kalo mao didalam kya pesawat beneran harus pake gearbox L ...dinamo tamiya sulit gan karena kecil....mending pake dinamo rc mobil gede tuh n kenceng lg......tp harus pakesistem time delay relay kalo pake dinamo gan.....
Kalo misalkan pake dinamo tamia bisa juga kan gan dinamo cuma untuk stater awal pada pemulaian pemutaran turbin setelah itu kita matikan
ReplyDeleteUntuk bbm nya apa aja bisa kan gan yang penting itu bahan pembakaran nya
DeleteGan masang injector nya dimAna gan Di dalam kaleng yang berlubang apa yang tertutup
ReplyDeletedidalam kaleng yang berlubang gan,,,,kan fungsi kaleng berlubang untuk menutupi udara yg 100 persen jadi 30 persen agar tidak mati apinya saat di injeksi,,,,
DeleteMas Seno Sy ada perlu penting Dg sampean terkait pembahasan ini.
ReplyDeleteSy tinggalkan No HP Sy tolong SMS nanti Sy Telp balik.
085645340729.
Salam kenal.
Andy.
Thx...
gan,beli pipa kapilernya dimana???
ReplyDeletebelinya di tukang peralatan ac gan,,,,
DeleteTerus,apa itu one way valve dan belinya dimana???
ReplyDeleteone way valve itu katup/keran satu arah, sehingga gas yg di keluarkan gg bisa balik lagi, sama seperti regulator gas, pompa ban,,,,,kalo mao beli di tukang peralatan pompa ban,,,,tp harus di kangkap 2 atau 3,,,,biar hasil prmbakaran/keluaran gg balik ke tabung gas yg bsa menyebabkan ledakan,,,,
ReplyDeleteAda videonya gak,gan???
ReplyDeletegg buat videonya gan,,
DeleteKlo utk pematik apinya gmn mas?
ReplyDeletepematik gas jg bsa,,,atau gg pake busi kecil,,,
DeleteYg paling simple ap mas? Trs pemasangannya gmn?
ReplyDeleteYg paling simple ap mas? Trs pemasangannya gmn?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete
Deleteyang paling simpel pematik gas,,,tp hrz di teken" terus biar menyulut api,,,sistemnya kya lagi nyalain kompor gas aja,,,
Gan Kalo bahan buat bikin turbin sebaik'y apa dan ketebalan'y berapa gan...?
ReplyDeleteTrima kasih...
kalo untuk cashing sebaiknya ketebalan 2mm-3mm tahan panas sekitar 1000 derajatan,,,,kalo gg pake cashing pipa seamless,,,kalo blade atau baling"nya pake pake ketebalan 1.2mm sampai 1.5 mm yang anti panas sama kaya cashingnya,,,
Deletemas , , gambar hasil jadi yg komplit smua ada gak mas , ,
ReplyDeleteGan itu gambar satu kan cuma di sambung kayak as sepedakan? Nah yang chamber itu isinya apa aja dalemnya and terus mesinnya ditaro dimana serta nama mesinnya apa dan gimana cara kerjanya
ReplyDeleteBales ya gan
chamber itu isinya pipa tabung dengan diameter lebih kecil dan dilubangi dan harus lebih kecil dr diameter cashing (lihat gb 2 chamber nya) untuk pembakaran di dalamnya,,,fungsinya agar udara yg masuk akan di filter dengan lubang kecil hanya 20 persen saja untuk melalukan pembakaran,,,sehingga api tidak padam,,,
Deletejet engine itu disebut mesin,,,yah isinya blade kipas serta pengontrolan udara dan pembakaran,,,
cara kerjanya seperti motor aja,,,pembakaran di motor berada di piston,nah kalo jet berada di chamber, kalau motor melakukan pengapian saat piston berada diatas TMA dan terjadi tekanan maka piston ke bawah TMB nah kalau jet engine dia itu kontinyu sama seperti kompor gas pematik hanya di awal saja,,dengan pembakaran akan menghasilkan tekanan yang sangat besar dan memaksa keluar dengan mendorong blade turbine sehingga terjadi 2 unsur tekanan dari putaran blade turbine dan tekanan panas dari pembakaran,,dan karena sistem pembakaran membutuhkan udara maka blade turbine di cople dengan blade kompresi,,,jadi saling ketergantungan blade turbine muter , blade kompressi jg ikut muter,,,angin di sedot kemudian dikompressi lalu terjadi pembakaran, mendorong blade turbine mutar.
Maav Gan ada blue printnya ya klo ada bisa kirimin gak gan dari part 1 sampe selesai nih mesin jet kebetulan ane pengen banget punya jet sendiri heheheh
ReplyDeleteKalo boleh kirim ke alamat email yg di bawah ya
abdul.rahman_deviel@yahoo.com
kalo untuk blue print ane gg pake coret" kertas gan,,,itu juga bahan sisa tugas akhir gan,,,
DeleteYah sayang bgt ya gan tapi gpp deh semoga bisa
DeleteGan itu chamber isinya apaan, apa dia cuma ruang mosong terus di bolongin biar bisa mengompres udara apa dia juga ada mesinnya
jadi pada gambar 2 di isi pipa yg buat ac melingkar lalu di lubangi sekitar jarak 2cm dengan ukuran lubang kecil dan glow plug sebagai busi pembakaran, itu untuk pembakaran kalo ane bilang sih itu untuk pipa distribusi bahan bakar,,,kalo kompresi udara itu ud dari blade yg di depan bukan blade turbine,,,
DeleteGlow pug apaan gan
DeletePipa ac maksudnya itu buat pendingin
kalo ada gambarnya sih lebih bagus gan.sory ya gan klo ane banyank nanya maklum pemula
gpp gan saling share aja,,,,
Deletejadi glow plug itu busi pemanas yg rc engine nitro,,,pake busi jg bisa tp kegedean,,,kalo glow plug itu kecil,,,pipa ac buat ngalirin bahan bakar ke chamber,,,buat di injeksi
Gan bikin part3 sekalian
ReplyDeleteNanya dong gimana cara Nyambungin grow plug ke dinamo.
And itu bahan bakar .masuk melalui pipa ac kan menuju ke chamber da. Chqmber mengompress udara
insya allah gan,,,ane lagi buat molding nya untuk body pesawat,,
Deletekalo glow plug terpisah sama dinamo,,,
gan kalo boleh ane minta kontak ente dong gan, 08993127692 buat tambahan refrensi TA ane gan
ReplyDeleteWah ide bagus nih sekalian gan pin bbnya hehehe pis gan
Deleteni gan pin ane 7CEC6COD
Deleteane gk install bbm d hp ane gan hehehe... no hp or id line ad gan?
Deleteada email buat kirim nya?
Deleteini email ane mas....
Deleteimannakmudiak1324@gmail.com
pliss kasih tw step2 yg benar gmna mas truzz bahan2.nya apa aja....
trima ksih share.a mas..m
nanti coba ane buat stepnya gan,,,
DeleteGan, please invite id line ane gan, ane mau konsultasi nih, kebetulan bua tugas kuliah
DeleteId line ane : 0267643168
Gan,ada tutorial yang lebih detail??
ReplyDeletewaduh gg ada gan,,,
DeleteMas jlasin cara perakitanny dong
ReplyDeleteada email?
DeleteGan mau nanya nih kan klo grow pug itu sitemnya saka kayak gusi motorka.nah klo gusi pada motor itu harus ada rumah gusi atau kabel yang dapet memicu terjadinya listrik pada gusi nqh dari hal tersebut maka akan dapat di proleh api jika di tambah bahan bakar.
ReplyDeleteNah pertanyaannya adalah
Klo grow pus bersistem pada gusi yang memeakai arus sehingga terjadi hantarankistrik berarti di memebutuhkan kabel atau pembawa arus kan,nah gimana sib cara mengaktifkan grow pugnya serta pada saat itu kondisi mesin panas dan dapat menyebabkan pembakaran pada lapisabln kabelkan gimana sih cara aktifasinya
glow plug sama busi cara kerjanya sama tp sistemnya beda,,,kalo busi untuk bisa mengeluarkan listrik harus di berikan stepup coil dimana dari tegangan rendak ketegangan besar,,,kalau glow plug itu seperti busi tp sistem nya yg berbeda,,,glow plug sistemnya merubah tegangan listrik menjadi panas (api) pada kawat filamen (seperti lighter mobil),,,,untuk aktifasinya tinggal sambungkan yg ada pentolnya plus yg bodynya min,,,terbalik tidak apa" karena prinsipnya menshortkan aruslistrik pada filamen yg menimbulkan bara api bukan listrik kaya busi,,,,untuk menyalakannya tergantung spesifikasi glow plug,,,kalo di rc sekitar 1.2v sampai 5v,,,kalo di mobil 12v (mobil keluaran baru pakai glow plug seperti ford)...
Deletegan ane udh nyoba praktek mas....berhasil sieh mas tpi berat mesinnya udh lbh 4 kg mas ?? apa gg keberatan di pasang di peaawat mas ??
ReplyDeletekalo segitu sih berat gan,,kalo buat pesawat diminimal berat mesin harus di minimalisir untuk mengatasi CG nya,,,,soalnya kalo saat landing kalo mesin berat bisa patah sayapnya atau crash,,,,
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemohon msukan.a mas.... bagaimana cara menimilis berat.a mas ?? klo yg mas buat diatas bahan2.a apa aj mas ??
ReplyDeletekalo ane yg buat versi 2nya pake pipa seamless yg ud di bubut dengan ketebalan 1.3 mm,,,untuk bladenya pake almunium matang dengan tebal 1.5 mm,,,
DeleteMas bisa minta pinn bbnya... Diatas tadi g bisa aq add pinnya sampyan
ReplyDelete2A657C4F ini pinku mas
ReplyDeletemas kira kira body pesawatnya maksimalnya berapa ya beratnya .Biar bisa terbang hehehe :v
ReplyDeletesama cara biar ban pesawatnya bisa dilipat ke dalam pesawat
untuk bisa terbang berat pesawat harus lebih kecil dari daya dorng engine,,,isalkan berat pesawat 5kg maka engine harus ledih untuk bisa dorng yaitu 7kg atau 10 kg itu untuk 1 engine,,,kalau pakai 2 engine dan 1 engine daya dorong sampai 5kg maka harus 2 engine,,,
Deletegan kira kira biar gk lonjong besinya pake apa ya gan biar tidak lonjong Atau diganti pake alumunium aja (tapi susah dicari)
ReplyDeletebiar gg lonjong pake pipa seamless gan,,,kalo almunium harga sangat mahal,,,dan sangat susah di cari dlm bentuk pipa besar
DeleteCara masukin bahan bakar nya gimana.?
ReplyDeletecaranya pipa ac di buat lingkar sebesar dia meter chamber,,,kemudian di lubangi pipanya dengan jarak 1cm,,,nah ujung pipa yg satunya di tutup,,kemudian ujung pipa yg satunya diberi drat pipa ac yg kemudian keluar dan dihubungi ke gas bahan bakar
DeleteGan gimana biar nggak terjadi ledakan di gas nya???
ReplyDeleteledakan di gas bahan bakar atau di chamber mesinnya?
DeleteGan numpang tanya nih buat motong blade turbin agan pake apa? Terus pake plat apa? Ukuran berapa?
DeleteDi gas bahan bakarnya gan dan chamber itu apa ya gan???
ReplyDeletekalo di gas bahan bakar harus pakai one way valve,,,chamber itu ruang pembakaran di engine
Deletemaaf untuk berat engine jet nya untuk pesawat atau normalnya beragan.,.maaf
ReplyDeletemaaf peletakan api nya di depan nozel atau di belakang nozel.. mohon pencerahanya,minta pin, boleh 5398CE13...maaf
ReplyDeletealmunium matang itu .gmn y, dan pipa seamless beli dmn,,.mksi.,
di tengah gan,,,almunium matang almunium lembaran yg keras,,,,pipa seamless biasa di beli di spesialis burner..
Deletemaaf mas bisa kirim gambar detail nya gak...? dari awal pembuatan sampai akhir jadi nya,,lou bisa d kirim k aku mas....
Deleteni pin aku mas. 7DB62D1B
maaf mas aku butuh bantuan nya mas...
ReplyDeleteketemuan dan belajar bareng yuuukk agan-agan....
ReplyDeletegan seno dan yang lain gimana klo ketemuan dan belajar bareng cara merakit mesin jet pesawat yuukk..add pin 522cc858
ReplyDeletegan!! boleh minta info nya sedikit tentang step pemasangan dan cara kerja nya gan. saya masih bingung di kompresi nya gan. kirim ke andglow.99@gmail.com ya gan. saya tunggu gan!! terima kasih banyak gan!!
ReplyDeleteMas, njenengan pake dinamo starter nya apa?
ReplyDeleteKalo pake dinamo RC 12 volt apa pas dinamonya mati nggak menghambat putaran turbinnya?
Apakah suma sebagai starter trus di lepas lagi?
Mohon infonya
bisa,,,agar saat engine sudah berputar mandiri,,,supply baterai ke dinamo di lepas agar tidak terjadi short sirkuit,,,
DeleteJalan jalan ke blog saya ya...saya bikin yang persis sama dengan jetcat , cuman masih dikerjain pelan pelan.. (http://tehnikjasa.blogspot.com/2015/04/membuat-turbin-jet-sendiri-homemade-jet.html)
ReplyDeleteAnonim berkata...
ReplyDeleteJet begini gak bakal work , tapi kalau hanya sekedar iseng dan kagum sama yg namaya jet yah bolehlah main main bikin yg model iseng iseng begini, jet gak begini susunannya asal pasang terus semprot pake angin kasi minyak atau gas terus kasi api & keluar suara bising dg api yg biru.. horeee bisa deh gue bikin jet... !!! Tapi kalau gak disemprot angin maka langsung stop muternya!!! Padahal apa yg kebanyakan ada di youtube itu adalah percobaan gagal yg hanya membuang waktu & sekedar gaya gayaan aja, yg rakitan sebenarnya gak akan diperlihatkan secara gamblang apalagi masuk youtube, banyak juga bule bule bodoh yg pake kaleng begini tapi hasilnya sama bodohnya dengan kalengnya.. kaleng begini mirip jet saja enggak , yg namanya jet sebenarnya pemasangan kipas & pembuatan struktur bentuk, bahan , kepresisian juga gak sembarangan, terutama bentuk kipas , gak semua kipas bentuk nya begitu melulu... housing jet juga ada ukuran diameter tertentu ,panjang tertentu, bentuk tertentu, & masih bnyak lg yg gak bisa dituliskan disini..
komponen utamanya juga harus ada minimal ini:
- kompressor wheel
- combustion chamber
- guide vane nozzle
- nozzle pipe
- difusser
Jet mini yg asli aja kipas nya hanya ada 2 , kipas daun 12 ,dg 6 daun tinggi & 6 daun pendek ( ada juga yg lebih banyak daunnya) sama persis dengan turbo charger.. & satu lagi blade belakang tempat keluar gas buang..
Bila yg di buat hanya compressor wheel nya aja yaitu blade nya doang walau disusun lapis 20 blade langsung pun gak bakal berhasil alias gatot, maka dapat dipastikan itu bukan cara kerja mekanis sebenarnya dr mesin jet..
Sory masukan gue ini pedas tapi bukan untuk merendahkan pemilik blog.. soalnya agak gerah gue liat banyak yg salah kaprah ttg cara kerja mekanis sebenarnya dr mesin jet.. mengira jet kaleng begini cara mekanis aslinya jet.. teori nya sudah ok namun prakteknya wrong way..
Kritik diperlukan untuk saling membangun..
Namanya juga berbagi ilmu....lebih baik mencoba tapi gagal dan mau berusaha dari pada diam dan berteori seolah-olah dia benar....anak sd pun bisa berteori namun apakah dia bisa berpraktik....seorang bayi gg akan bisa langsung berjalan pasti dia akan di latih diajarkan caranya dengan mempraktikannya...bukan mempraktikan denganbteori dan menjudge orang tak bisa....lebih baik membuat n gagal dari pada berteori menghina org....lalu mana hasil teori anda????????
ReplyDeleteNamanya juga berbagi ilmu....lebih baik mencoba tapi gagal dan mau berusaha dari pada diam dan berteori seolah-olah dia benar....anak sd pun bisa berteori namun apakah dia bisa berpraktik....seorang bayi gg akan bisa langsung berjalan pasti dia akan di latih diajarkan caranya dengan mempraktikannya...bukan mempraktikan denganbteori dan menjudge orang tak bisa....lebih baik membuat n gagal dari pada berteori menghina org....lalu mana hasil teori anda????????
ReplyDeleteMas seno belajar dimana tentang turbine?
ReplyDeletesaya dulu belajar di TPU and flight inspection system navigation di curug
DeleteFaktor yg menyebabkan kegagalan (ledakan) pada pembuatan jat engine ini apa ya? Mohon infonya, Bang. Nih PIN ane 54060A06 tolong diinvite, Bang
ReplyDeleteMas kalau mesin nya pake mesin apa dan mesin nya beli dimana mohon dibalas ya
ReplyDeleteuntuk jenis apa gan? kalau ingin beli di ebay gan,,
Deletemas saya pengen belajar juga nich buat turbine engine. ni email saya. mohon dikirim tutorialnya ya mas.
Deletei5k4.bth@gmail.com
DeleteGan, tolong invite id line ane ya gan: 0267643168
ReplyDeleteAne mau konsul terkait masalah fuel systemnya gan, please gan, buat tugas kuliah ane. Mudah2an agan dapet pahala
Ane pake bbm 7cec6cod
ReplyDeleteGan pinnya g bs di add
ReplyDeleteGan boleh kirimin step" nya ke email ane ga?
ReplyDeleteYoshuam6@gmail.com
Thx gan
https://m.youtube.com/watch?v=5GmtAwqU1Wg punya saya mas... tapi saya bikinnya pakai turbo bekas... hasilnnya work 100% gan... rpmnya tinggi seperti mesin jet
ReplyDeleteGan bleh minta no hpnya
ReplyDelete7cec6cod
DeleteGan minta blue printnya
ReplyDeleteemail Rickochandra.rch@gmail.com
bisa asal tekanan injeksi sesuai,,,,so avtur itu minyak tanah yag sudah dimurnikan diatas 90%,,,blade skitar 12 blade,,,
ReplyDeletebisa asal blede di potong presisi serta penyusunan yang presisi juga,,,
suhu bisa diatas 800 derajat celcius,,,
wish ini dia harus semangat,,,desanya dimana kalau boleh tau,,,,sekaligus siapa tau bisa sharing technology,,,
pipa kapiler terletak di depan blade turbine dia tak berputar melainkan tetap,,,saat bahan bakar di injeksi maka ada letupan api yng menembak turbin,,,
ReplyDeletechamber itu tempat melakukan pembakaran,,,dia prinsipnya tetap seperti motor yg bergerak piston supply pembakaran injeksi,,,begitu juga dengan mesin turbine yg bergerak turbine supply bahan bakarnya injeksi yaitu pipa kapiler (yg saya buat),,, yg terpenting dap pembuatan ini harus presisi gan,,,beda dikit bsa goyang gan,,
ReplyDeletelebih enak kalo pake bbm,,disitu saya suka update pembuatan control, rc heli dll,,, bbm pin: 7cec6c0d
ReplyDeleteMas,, bikin dudukan tabung tengah pake apa,, dan putaran kipas ny kmn??
ReplyDeleteMaaf mas mau bljr jg hehe
dudukan untuk blade atau apa mas? putaran kipas sesuai blade (seperti kipas angin aja)
DeleteMas seno saya mau blajar sama mas.. ko pin BBM mas gak bisa di invite
ReplyDelete7cec6c0d
Deletebang kalo bahan bakarnya menggunakan bensin tanpa pompa apa mesinya bisa bekerja....? terus dinamo staternya menggunakan tamiya.
ReplyDeletetanpa pompa gg bsa gan,,,,gg ada tekanannya buat nyembur bahan bakar,,,pakai dinamo tamiya yg sudah di upgrade gulungannya biar cepet,,,
Deletetanpa pompa gg bsa gan,,,,gg ada tekanannya buat nyembur bahan bakar,,,pakai dinamo tamiya yg sudah di upgrade gulungannya biar cepet,,,
DeleteGan diameter casing yg pas brp cm y?
ReplyDelete7-10 cm gan,,,
Deletebagaimana kalau menggunakan gas lpj apa tidak pakai pompa juga..?
ReplyDeletetidak pakai pompa,,,,karena gas lpg sudah ada tekanan pada tabungnya,,,
Deletedan kenapa mesin jet suaranya sangat keras....
ReplyDeletekarena adanya perbedaan tekanan yang memaksa masuk udara bebas dan memampatkannya pada suatu chamber kecil dan menyatukan pada bahan bakar, api sehingga terjadi ledakan di chamber dan ledakan itu memaksa udara bertekanan besar keluar dengan menabrak kipas blade sehingga terjadi perbedaan tekanan antara tekanan di chamber dengan tekanan di nozle sehingga suara jet sangat keras,,,
Deletemas jetcat tu bahan bakarnya menggunakan apa?
ReplyDeleteklo standard nya bahan bakar cair, seperti bensin/ avtur
Deletepernah bikin pulse jet gk gan???
ReplyDeletekalo secara detail belom gan,,,tp kalo nya pernah pake blower gan,,,
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteane belum buat soal nya belum ada modal :v .
ReplyDeleteoh ya video test run nya ada ga ? . soal nya blog sebelah belum ada video nya :3 . tolong ya .
gan cara nya masang popa motor ke mesinya gimana?
ReplyDeletemas gimana sistem bahan bakarnya
ReplyDeleteNyimak
ReplyDeletegan, itu tdi sempat bingung antar gambar 1 dan 2, itu gambar, chamber di satukan sma as roda seped ya?
ReplyDeleteterus yang masih bingung bahan bakarnya mas, sma peletakan pengapiannya, klo starter apinya kan bisa pke korek, tapi bahan bakarnya itu harus pke gas? ato bisa yang lain? terus pke pipa tembaga yang biasa di ac itu ya mas? di lubangi jarak kira" 2 cm ya mas? lubangnya brp mili mas?
Gan trus bahan bakarnya least mana
ReplyDeleteiklan min :)
ReplyDeletemini jet engine dan jet engine it sama prinsipnya, siklus brayton dijelaskan pada digram Ts( cek google mas bro )alangkah baiknya mengetahu prinsip kerja trlebih dahulu,
partnya utamanya;
-intake
-kompressor
-diffuser ( hanya yg mengunakan jenis kompresor centrifugal)
-cc (combustion chamber)
- NGV (nozzle gude vanes)
-turbine
-exhoust
-cassing
it baru part utama, belum aksesory yg lain
missing part nya yaitu Stator kompressor dan NGV,
terus untuk part yg dibuat
kompressor : jenis yang mimin buat yaitu axial double stage(cek gugel :D) jenis ini menggunakan stator (wajib)sudut AOA blade dan ukuran serta banyaknya blades antara kompresor satu dengan yg kedua itu brbeda, dan tentu ada hitung2annya.
kemudian cc, jenis yg mimin buat disebut annular, ada yg jenis can juga yng gabungan keduanya can annular. pada annular tiap lubang memiliki mksud tertentu, dan lagi2 ada hitunganya.
next NGV ngv berfugsi sebagai pengarah energi, jadi pada intinya energi yang dihasilakn oleh cc wajib diarhkan menggunakanpar tini, sehingga pada part selanjutnya yaitu turbine energi yang diterima dapat memutar turbine.
lanjuuuuuttt.. turbine, fungsi utama memutar kompressor, sekedar info energi yang diterima oleh turbine 80% fungsinya untuk memutar kompressor, sedagkan sisanya sebagai trust atau gaya dorong. turbine di hubingkan ke kompressor dgn menggunkan saft. dlam jet engine ada yang menggunkan single saft ada yg doble dan ada juga turbine yg berjenis fre turbine, jenis trubine yg mimin buat yaitu axial, ada juga yg centrifugal loh macem di TC alias turbo charger mobil. catatan seblum membuat turbine pahami dlu apa itu tubine reaksi dan impuls. sudut turbine dan perhitunganya serta yang paling utama dan Penting saat pembuatan yaitu BAHAN...
iklan lewat lagi....
*mini jet engine rata2 menghasilkan suhu max diatas 500 drajat dengan rpm max 120rbuan.. kebayangkan sistem pelumasan dan bearing serta material !!!!!
o ia, untuk mini jet engine bisa menggunkan avtur 50 atau minyak tanah, jangan bensin atau pertamax gan :D kemudian untuk starting bisa menggunakan LPG, lbih baik lagi sih yang 5 kg, klo yg kaleng kemping tekananya rendah bray..
funginya cuman untuk starting loh, setlh engine hot.hot gitu baru masukin liquid fuel alias mnyak tanah atau avtur 50.. :D
semngat min anak bangsa musti bisa... ayo riset n try again...salam dari anak teknik yogyakarta :D
mantap, sudah kupas kulitnya nih hehehe...
Deletekali aja krakatau steel bisa support bahannya, trs Regio (Pabrik Pesawat Habibie) ato PT DI (Pabrik Pesawat milik Negara) mau mengadopsinya mas...
salam jet, semangat yuk...
kapan Kopi Darat sesama pecinta jet nih?
Ane posisi di Bandung untuk bbrp minggu ini +62-895-0703-8612 Nmr WA sy
TOP dan pas.
ReplyDeleteGan bensin sudah dipompa, nyalain nya pake busi atau gimana gan. Mohon penjelasannya
ReplyDelete