Tuesday 24 December 2013

jet engine rc homemade part 2 (pemasangan)

ok gan kali ini ane bahas cara pemasangan dari jet engine yang part 1 yaitu pemasangan,,,,
langsung aja ane kasih pict nya,,,

gambar 1
gambar 1 yaitu pemasangan pisau turbine pada booster sepeda, terlihat 2 blade adalah bagian kompressi udara dari luar masuk untuk pembakaran,,,,,,pada 1 blade dibagian belakang, berfungsi sebagai turbine,,,saat terjadi pembakaran udara panas akan mendorong blade turbine pada tekanan tinggi dan memutarnya,,,,sehingga terjadi perbedaan panas dan tekanan udara yang mengakibatkan gaya dorong,,,,,
gambar 2. pemasangan chamber/ tempat pembakaran
gambar 2 yaitu chamber, dimana chamber berfungsi sebagai mempertahankan api untuk pembakaran agar tidak mati, pada chamber terlihat berlubang-lubang, hal ini dimaksudkan untuk udara yang di kompressi lewat untuk pembakaran, karena udara hasil kompressi hanya 30 % yang masuk ke chamber dan sisannya melewati chamber dan di mix saat melewati turbine. hal ini saya umpamakan seperti lilin yang terkena kipas angin, maka api pada lilin tersebut akan mati, tapi jika lilin itu di tutup rapat pada sebuah kaleng, lambat laun akan mati api pada lilin tersebut, tetapi jika kaleng itu dilubangi lilin itu akan menyala stabil meskipun terkena kipas angin yang besar, karena sistem dari pembakaran yaitu api + oksigen yang dibawa oleh udara.

gambar 3. tampilan saat turbine dimasukan ke cassing kaleng.
pada gambar 3 terlihat jarak antara space kaleng dan blade kompressi harus presisi dan agak rapat, kira" 2-3 mili,,,, ini dimakdudkan agar udara yang dikompressi tidak keluar melalui cela-cela space antara cassing dan blade kompressi sehingga tekanan akan menurun, begitu juga blade untuk turbine.

gambar 4 bagian blade turbine
pada gambar 4 terlihat garis potongan antara diameter tengah dan potongan blade lebih kecil dibanding blade kompressi, hal ini dimaksudkan karena tekanan hasil kompressi sangat besar, sehingga saat mendorong blade turbine tidak bengkok serta memperkecil gerak ruang udara, sehingga saat udara yang di kompressi bertekanan tinggi maka udara panas akan keluar pada cela yang sempit untuk memaksimalkan tekanan menjadi besar, seperti halnya kompressor untuk mensupply udara dengan tekanan 10 bar dengan menggunakan selang besar, maka tekanan pada output tidak menjadi 10 bar melainkan menurun, tetapi jika menggunakan selang yang kecil maka akan mendapatkan tekanan yang sama pada kompressor.

saat pembuatan turbine banyak hal yang menjadi faktor dalam keberhasilan.
1. faktor pembuatan blade, banyak blede setelah dibuat bukannya bulat tetapi sedikit lonjong,,,,maka putaran tidak teratur.
2. space antara chasing dan blade, faktor ini sangat berpengaruh, karena tekanan yang dihasilkan akan keluar dari space antara chasing dan blade yang besar (umpan balik udara menuju keluar lagi).
3. pembuatan chamber, faktor ini juga sangat berpengaruh, karena jika udara terlalu besar masuk ke chamber maka api akan sering mati dan mempengaruhi pembakaran.
4. banyaknya blade kompressi sangat berpengaruh, karena semakin banyak semakin baik, tetapi disesuaikan juga jangan sampai over,,,sekitar 8
5. faktor pembukaan bahan bakar, pembukaan bahan bakar saat starting memang menjadi masalah yang saya alami, sebaiknya saat blade diputar sebaiknya bahan bakar jangan dibuka sampai mencapai tekanan maksimum pada kompressi, setelah kompressi ok baru sedikit demi sedikit dibuka bahan bakar sekaligus disulut api.




154 comments:

  1. Mas Bisa Bikin Video Tutorialnya ga
    saya masih bingung di Pembuatan Bladenya dan Combustio Chamber

    ReplyDelete
  2. kalo bladenya gampang gan,,,,ente ukur aja dulu diameternya cashingnya,,,kalo ud dapet sisain 1-2mm,,,contoh diameter chasing 4 cm,,,,jd ente buat blade nya dengan diameter 3,9 atau 3,8,,,,
    kalo chamber harus disesuaikan jg sm cashing,,,,
    kalo ada waktu nanti ane buat tutor yang lebih spesifikasi lg dh gan,,,, :)

    ReplyDelete
  3. Mas.... hasilnya gimana, apa udah dicoba???? trus sistem fuel/bahan bakarnya gimana????... bagaimana cara meningkatkan rpmnya????

    ReplyDelete
  4. berhasil gan,,,,,yah cuma pas panasnya sekitar 200 derajat kaleng jadi oval trz turbine nabrak dinding cashing kaleng,,,
    untuk sistem bahan bakar mendingan pakai gas/modivikasi gas portable buat camping, kalau pakai bensin harus pakai pompa motor untuk injeksinya,,,,kalau pakai gas harus pakai one way valve n saat di start engine keran gas di buka setelah udara dalam turbine cukup untuk pembakaran,,
    untuk meningkatkan rpmnya tinggal kecilin atau besarin keran gas aja, kalau pakai bensin atur kecepatan pompa bensinnya,,,,kalo diumpamain kya masak aja pakai komporgas,,,ingin cepat yah di gedein gasnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada pendingin ruangan bakarnya biar stabil

      Delete
    2. Harusnya kalengnya diganti jadi pipa besi,kan kalo besi titik leburnya tinggi jadi bisa lebih tahan panas dan gak gampang rusak

      Delete
  5. gan cara injeksi api ke mesin gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake pipa kapiler aja yg ukuran paling kecil, nah utuk injeksinya pake pompa motor tp kerugian dari fuel cair harus pompa yg bertenaga untuk nyemprotin injeksinya, tp kalo pake gas tiggal pasang aja kya kompor gas cuma kurugiannya kalo habis isi ulang dan pasang lagi.

      Delete
  6. gan , booster sepeda yg gimana bentuk nya ?
    dan pemasangan chamber itu masih bingung -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang nempel di jari-jari sepeda gan atau dibilang juga rumah as nya,,,,,
      sebenarnya pemasangan chamber pembakaran mao pakai cara apa sama saja gan,,,,soalnya fungsi chamber untuk pembakaran suhu bertekanan tinggi dengan api yang kontinyu tapi tidak mati.

      Delete
  7. gan kalo beli pompa bensin nya dimana ya kira2 ?

    ReplyDelete
  8. pake pompa wiper mobil aja,,,,

    ReplyDelete
  9. ga numpang tanya, starternya pake apa? dinamo atau udara? setelah ada pembakaran apa turbinenya bisa berputar sendiri mas? oya kalo boleh tau ada sistem pendinginannya ga? bearingnya pake apa mas yang bagus dan tahan panas? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal starter pake dinamo buat mutar kipas/blade nya agar udara dr luar disedot dan di kompressi, setelah di kompressi tinggal masuk ketahap pembakaran,,,,kalo suah stabil pembakarannya, secara otomatis bladenya berputar sendiri tanpa bantuan dinamo (mati),,,,gg pake sistem pendingin gan karena pas udara mengkompressi ud otomatis dingin, tp kalo terlalu dingin udara pembakaran turun maka turbine ikut lemah mutarnya (seperti pesawat),,,,,,,, untuk bearing biasannya pake bearing yang khusus mesin yg tahan panas gg mudah pecah pelornya,,,,

      Delete
    2. gan sistem pemasukan bahan bakar dan sistem pembakaranya yang effekti kira kira dari p[ercobaan dimana ya,,,
      trimakasih

      Delete
  10. Keren bgt walaupun belum ngerti tapi mantap

    ReplyDelete
  11. gan nanya staternya ditaru di mana di dalam atau di luar ...lebih bagus ente buat videonya aja

    ReplyDelete
  12. Diluar gan mirip jetcat produk amerika....kalo didalam harus buat gear box T nya.....
    kalo video nanti dah gan yg part 2... ane lg buat sistemnya yg jenis axial....

    ReplyDelete
  13. gan... mohon bantuannya, untuk bahan2 dan gambar2 serta desainx yang dibuthkan secara lengkap.... karena saya pengen beljar dari master guru....

    tolong inbox ya gan... di doidi848@gmail.com

    untuk biaya ilmux nanti kita bicarakan,,, karena ILMU ITU MAHAL... hehe

    sebelumnya mkasih ya gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada waktu ane kasih gan mngkin minggu gan...hanya saja design ane gg ada blue print nya...karna ane buat langsung tanpa design.....nanti ane kasih step" nya aja....

      Delete
  14. Sebelum nya thanks banget gan buat info nya..
    tapi gan mohon pencerahan buat super newbie nya dong..
    Kalo buat blade ama chamber nya udah kebayang gan..
    Tapi yg bikin bingung selain bearing apa lg bahan buat masang nya gan.. sama pemasangan nya dmana aja..
    Trus injeksi itu apa??
    Bbm nya pake bensin ato harus bensol / avtur??
    Sama pemasangan dinamo nya ada dmn gan??
    Trus dinamo yg di pake apa bisa pake dinamo tamiya??
    Kalo ada blueprint ny sih boleh minta gan.. biar ga ngerti juga.. hehe
    Maklum baru baru minat ama mesin.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk biar mudah komunikasinya gabung jg gan sm koment yg di atas om dodo n jg om yg lainya yg koment nanti biar ane kasih step" nya...biar ada rekan saling sharing jg gan......
      nah sebelumnya ane jelasin dulu gan.....
      injeksi itu sistemnya gan....dengan cara disemprot pada pengapian nya.....sma kya kendaraan darat...tp bedanya pengapiannya secara terus menerus pengapiannya atau penyemburan apinya.....nah kalo kendaraan darat dy cuma bisa on off dalam arti saat piston naik, bensin di semprot trus diberi pematik api maka terjadi ledakan untuk mendorong piston mundur........tp kalo pd pesawat apinya nyala terus kya kompor gas....gg ada delay......
      untuk bahan bakar tergantung selera semua punya kekurangan dan kelebihan....tp ane saranin pake yg gas aja gan karna mudah dan praktis n gg rogoh locek bayak......n kalo avtur gg ada yg jual gan secara eceran...begitu jg bensol....
      Untuk dinamo pake sitem time delay relay gan.....dinamo ditaro diluar....liat aja punya merk jetcat...nah yg ada pentulannya didepan itu dinamonya.....kalo mao didalam kya pesawat beneran harus pake gearbox L ...dinamo tamiya sulit gan karena kecil....mending pake dinamo rc mobil gede tuh n kenceng lg......tp harus pakesistem time delay relay kalo pake dinamo gan.....

      Delete
  15. Kalo misalkan pake dinamo tamia bisa juga kan gan dinamo cuma untuk stater awal pada pemulaian pemutaran turbin setelah itu kita matikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bbm nya apa aja bisa kan gan yang penting itu bahan pembakaran nya

      Delete
  16. Gan masang injector nya dimAna gan Di dalam kaleng yang berlubang apa yang tertutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. didalam kaleng yang berlubang gan,,,,kan fungsi kaleng berlubang untuk menutupi udara yg 100 persen jadi 30 persen agar tidak mati apinya saat di injeksi,,,,

      Delete
  17. Mas Seno Sy ada perlu penting Dg sampean terkait pembahasan ini.
    Sy tinggalkan No HP Sy tolong SMS nanti Sy Telp balik.
    085645340729.
    Salam kenal.
    Andy.
    Thx...

    ReplyDelete
  18. gan,beli pipa kapilernya dimana???

    ReplyDelete
  19. Terus,apa itu one way valve dan belinya dimana???

    ReplyDelete
  20. one way valve itu katup/keran satu arah, sehingga gas yg di keluarkan gg bisa balik lagi, sama seperti regulator gas, pompa ban,,,,,kalo mao beli di tukang peralatan pompa ban,,,,tp harus di kangkap 2 atau 3,,,,biar hasil prmbakaran/keluaran gg balik ke tabung gas yg bsa menyebabkan ledakan,,,,

    ReplyDelete
  21. Klo utk pematik apinya gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pematik gas jg bsa,,,atau gg pake busi kecil,,,

      Delete
  22. Yg paling simple ap mas? Trs pemasangannya gmn?

    ReplyDelete
  23. Yg paling simple ap mas? Trs pemasangannya gmn?

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies

    1. yang paling simpel pematik gas,,,tp hrz di teken" terus biar menyulut api,,,sistemnya kya lagi nyalain kompor gas aja,,,

      Delete
  25. Gan Kalo bahan buat bikin turbin sebaik'y apa dan ketebalan'y berapa gan...?
    Trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk cashing sebaiknya ketebalan 2mm-3mm tahan panas sekitar 1000 derajatan,,,,kalo gg pake cashing pipa seamless,,,kalo blade atau baling"nya pake pake ketebalan 1.2mm sampai 1.5 mm yang anti panas sama kaya cashingnya,,,

      Delete
  26. mas , , gambar hasil jadi yg komplit smua ada gak mas , ,

    ReplyDelete
  27. Gan itu gambar satu kan cuma di sambung kayak as sepedakan? Nah yang chamber itu isinya apa aja dalemnya and terus mesinnya ditaro dimana serta nama mesinnya apa dan gimana cara kerjanya

    Bales ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. chamber itu isinya pipa tabung dengan diameter lebih kecil dan dilubangi dan harus lebih kecil dr diameter cashing (lihat gb 2 chamber nya) untuk pembakaran di dalamnya,,,fungsinya agar udara yg masuk akan di filter dengan lubang kecil hanya 20 persen saja untuk melalukan pembakaran,,,sehingga api tidak padam,,,
      jet engine itu disebut mesin,,,yah isinya blade kipas serta pengontrolan udara dan pembakaran,,,
      cara kerjanya seperti motor aja,,,pembakaran di motor berada di piston,nah kalo jet berada di chamber, kalau motor melakukan pengapian saat piston berada diatas TMA dan terjadi tekanan maka piston ke bawah TMB nah kalau jet engine dia itu kontinyu sama seperti kompor gas pematik hanya di awal saja,,dengan pembakaran akan menghasilkan tekanan yang sangat besar dan memaksa keluar dengan mendorong blade turbine sehingga terjadi 2 unsur tekanan dari putaran blade turbine dan tekanan panas dari pembakaran,,dan karena sistem pembakaran membutuhkan udara maka blade turbine di cople dengan blade kompresi,,,jadi saling ketergantungan blade turbine muter , blade kompressi jg ikut muter,,,angin di sedot kemudian dikompressi lalu terjadi pembakaran, mendorong blade turbine mutar.

      Delete
  28. Maav Gan ada blue printnya ya klo ada bisa kirimin gak gan dari part 1 sampe selesai nih mesin jet kebetulan ane pengen banget punya jet sendiri heheheh

    Kalo boleh kirim ke alamat email yg di bawah ya

    abdul.rahman_deviel@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk blue print ane gg pake coret" kertas gan,,,itu juga bahan sisa tugas akhir gan,,,

      Delete
    2. Yah sayang bgt ya gan tapi gpp deh semoga bisa

      Gan itu chamber isinya apaan, apa dia cuma ruang mosong terus di bolongin biar bisa mengompres udara apa dia juga ada mesinnya

      Delete
    3. jadi pada gambar 2 di isi pipa yg buat ac melingkar lalu di lubangi sekitar jarak 2cm dengan ukuran lubang kecil dan glow plug sebagai busi pembakaran, itu untuk pembakaran kalo ane bilang sih itu untuk pipa distribusi bahan bakar,,,kalo kompresi udara itu ud dari blade yg di depan bukan blade turbine,,,

      Delete
    4. Glow pug apaan gan
      Pipa ac maksudnya itu buat pendingin
      kalo ada gambarnya sih lebih bagus gan.sory ya gan klo ane banyank nanya maklum pemula

      Delete
    5. gpp gan saling share aja,,,,
      jadi glow plug itu busi pemanas yg rc engine nitro,,,pake busi jg bisa tp kegedean,,,kalo glow plug itu kecil,,,pipa ac buat ngalirin bahan bakar ke chamber,,,buat di injeksi

      Delete
  29. Gan bikin part3 sekalian
    Nanya dong gimana cara Nyambungin grow plug ke dinamo.
    And itu bahan bakar .masuk melalui pipa ac kan menuju ke chamber da. Chqmber mengompress udara

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah gan,,,ane lagi buat molding nya untuk body pesawat,,
      kalo glow plug terpisah sama dinamo,,,

      Delete
  30. gan kalo boleh ane minta kontak ente dong gan, 08993127692 buat tambahan refrensi TA ane gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide bagus nih sekalian gan pin bbnya hehehe pis gan

      Delete
    2. ane gk install bbm d hp ane gan hehehe... no hp or id line ad gan?

      Delete
    3. ini email ane mas....
      imannakmudiak1324@gmail.com
      pliss kasih tw step2 yg benar gmna mas truzz bahan2.nya apa aja....
      trima ksih share.a mas..m

      Delete
    4. nanti coba ane buat stepnya gan,,,

      Delete
    5. Gan, please invite id line ane gan, ane mau konsultasi nih, kebetulan bua tugas kuliah
      Id line ane : 0267643168

      Delete
  31. Gan,ada tutorial yang lebih detail??

    ReplyDelete
  32. Mas jlasin cara perakitanny dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. rifioefendi@gmail.com (akun ini)
      FB: Rifio Efendi (foto profilnya gambar bebek anak angsa ini)

      Kapan kapan saya kirim foto jet saya.

      Delete
  33. Gan mau nanya nih kan klo grow pug itu sitemnya saka kayak gusi motorka.nah klo gusi pada motor itu harus ada rumah gusi atau kabel yang dapet memicu terjadinya listrik pada gusi nqh dari hal tersebut maka akan dapat di proleh api jika di tambah bahan bakar.
    Nah pertanyaannya adalah
    Klo grow pus bersistem pada gusi yang memeakai arus sehingga terjadi hantarankistrik berarti di memebutuhkan kabel atau pembawa arus kan,nah gimana sib cara mengaktifkan grow pugnya serta pada saat itu kondisi mesin panas dan dapat menyebabkan pembakaran pada lapisabln kabelkan gimana sih cara aktifasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. glow plug sama busi cara kerjanya sama tp sistemnya beda,,,kalo busi untuk bisa mengeluarkan listrik harus di berikan stepup coil dimana dari tegangan rendak ketegangan besar,,,kalau glow plug itu seperti busi tp sistem nya yg berbeda,,,glow plug sistemnya merubah tegangan listrik menjadi panas (api) pada kawat filamen (seperti lighter mobil),,,,untuk aktifasinya tinggal sambungkan yg ada pentolnya plus yg bodynya min,,,terbalik tidak apa" karena prinsipnya menshortkan aruslistrik pada filamen yg menimbulkan bara api bukan listrik kaya busi,,,,untuk menyalakannya tergantung spesifikasi glow plug,,,kalo di rc sekitar 1.2v sampai 5v,,,kalo di mobil 12v (mobil keluaran baru pakai glow plug seperti ford)...

      Delete
  34. gan ane udh nyoba praktek mas....berhasil sieh mas tpi berat mesinnya udh lbh 4 kg mas ?? apa gg keberatan di pasang di peaawat mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo segitu sih berat gan,,kalo buat pesawat diminimal berat mesin harus di minimalisir untuk mengatasi CG nya,,,,soalnya kalo saat landing kalo mesin berat bisa patah sayapnya atau crash,,,,

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. mohon msukan.a mas.... bagaimana cara menimilis berat.a mas ?? klo yg mas buat diatas bahan2.a apa aj mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane yg buat versi 2nya pake pipa seamless yg ud di bubut dengan ketebalan 1.3 mm,,,untuk bladenya pake almunium matang dengan tebal 1.5 mm,,,

      Delete
  37. Mas bisa minta pinn bbnya... Diatas tadi g bisa aq add pinnya sampyan

    ReplyDelete
  38. mas kira kira body pesawatnya maksimalnya berapa ya beratnya .Biar bisa terbang hehehe :v
    sama cara biar ban pesawatnya bisa dilipat ke dalam pesawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bisa terbang berat pesawat harus lebih kecil dari daya dorng engine,,,isalkan berat pesawat 5kg maka engine harus ledih untuk bisa dorng yaitu 7kg atau 10 kg itu untuk 1 engine,,,kalau pakai 2 engine dan 1 engine daya dorong sampai 5kg maka harus 2 engine,,,

      Delete
    2. anu mas, yg saya pernah denger, daya dorong cuman perlu minimal 60% aja dari berat total supaya pesawat bisa terbang, kecuali pesawat 3D yg perlu daya dorong diatas berat pesawat, apa betul?, mohon pencerahannya

      Delete
  39. gan kira kira biar gk lonjong besinya pake apa ya gan biar tidak lonjong Atau diganti pake alumunium aja (tapi susah dicari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gg lonjong pake pipa seamless gan,,,kalo almunium harga sangat mahal,,,dan sangat susah di cari dlm bentuk pipa besar

      Delete
  40. Cara masukin bahan bakar nya gimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya pipa ac di buat lingkar sebesar dia meter chamber,,,kemudian di lubangi pipanya dengan jarak 1cm,,,nah ujung pipa yg satunya di tutup,,kemudian ujung pipa yg satunya diberi drat pipa ac yg kemudian keluar dan dihubungi ke gas bahan bakar

      Delete
  41. Gan gimana biar nggak terjadi ledakan di gas nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ledakan di gas bahan bakar atau di chamber mesinnya?

      Delete
    2. Gan numpang tanya nih buat motong blade turbin agan pake apa? Terus pake plat apa? Ukuran berapa?

      Delete
  42. Di gas bahan bakarnya gan dan chamber itu apa ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di gas bahan bakar harus pakai one way valve,,,chamber itu ruang pembakaran di engine

      Delete
  43. maaf untuk berat engine jet nya untuk pesawat atau normalnya beragan.,.maaf

    ReplyDelete
  44. maaf peletakan api nya di depan nozel atau di belakang nozel.. mohon pencerahanya,minta pin, boleh 5398CE13...maaf
    almunium matang itu .gmn y, dan pipa seamless beli dmn,,.mksi.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tengah gan,,,almunium matang almunium lembaran yg keras,,,,pipa seamless biasa di beli di spesialis burner..

      Delete
    2. maaf mas bisa kirim gambar detail nya gak...? dari awal pembuatan sampai akhir jadi nya,,lou bisa d kirim k aku mas....
      ni pin aku mas. 7DB62D1B

      Delete
  45. maaf mas aku butuh bantuan nya mas...

    ReplyDelete
  46. ketemuan dan belajar bareng yuuukk agan-agan....

    ReplyDelete
  47. gan seno dan yang lain gimana klo ketemuan dan belajar bareng cara merakit mesin jet pesawat yuukk..add pin 522cc858

    ReplyDelete
  48. gan!! boleh minta info nya sedikit tentang step pemasangan dan cara kerja nya gan. saya masih bingung di kompresi nya gan. kirim ke andglow.99@gmail.com ya gan. saya tunggu gan!! terima kasih banyak gan!!

    ReplyDelete
  49. Mas, njenengan pake dinamo starter nya apa?
    Kalo pake dinamo RC 12 volt apa pas dinamonya mati nggak menghambat putaran turbinnya?
    Apakah suma sebagai starter trus di lepas lagi?
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa,,,agar saat engine sudah berputar mandiri,,,supply baterai ke dinamo di lepas agar tidak terjadi short sirkuit,,,

      Delete
  50. Jalan jalan ke blog saya ya...saya bikin yang persis sama dengan jetcat , cuman masih dikerjain pelan pelan.. (http://tehnikjasa.blogspot.com/2015/04/membuat-turbin-jet-sendiri-homemade-jet.html)

    ReplyDelete
  51. Anonim berkata...
    Jet begini gak bakal work , tapi kalau hanya sekedar iseng dan kagum sama yg namaya jet yah bolehlah main main bikin yg model iseng iseng begini, jet gak begini susunannya asal pasang terus semprot pake angin kasi minyak atau gas terus kasi api & keluar suara bising dg api yg biru.. horeee bisa deh gue bikin jet... !!! Tapi kalau gak disemprot angin maka langsung stop muternya!!! Padahal apa yg kebanyakan ada di youtube itu adalah percobaan gagal yg hanya membuang waktu & sekedar gaya gayaan aja, yg rakitan sebenarnya gak akan diperlihatkan secara gamblang apalagi masuk youtube, banyak juga bule bule bodoh yg pake kaleng begini tapi hasilnya sama bodohnya dengan kalengnya.. kaleng begini mirip jet saja enggak , yg namanya jet sebenarnya pemasangan kipas & pembuatan struktur bentuk, bahan , kepresisian juga gak sembarangan, terutama bentuk kipas , gak semua kipas bentuk nya begitu melulu... housing jet juga ada ukuran diameter tertentu ,panjang tertentu, bentuk tertentu, & masih bnyak lg yg gak bisa dituliskan disini..

    komponen utamanya juga harus ada minimal ini:
    - kompressor wheel
    - combustion chamber
    - guide vane nozzle
    - nozzle pipe
    - difusser

    Jet mini yg asli aja kipas nya hanya ada 2 , kipas daun 12 ,dg 6 daun tinggi & 6 daun pendek ( ada juga yg lebih banyak daunnya) sama persis dengan turbo charger.. & satu lagi blade belakang tempat keluar gas buang..

    Bila yg di buat hanya compressor wheel nya aja yaitu blade nya doang walau disusun lapis 20 blade langsung pun gak bakal berhasil alias gatot, maka dapat dipastikan itu bukan cara kerja mekanis sebenarnya dr mesin jet..

    Sory masukan gue ini pedas tapi bukan untuk merendahkan pemilik blog.. soalnya agak gerah gue liat banyak yg salah kaprah ttg cara kerja mekanis sebenarnya dr mesin jet.. mengira jet kaleng begini cara mekanis aslinya jet.. teori nya sudah ok namun prakteknya wrong way..

    Kritik diperlukan untuk saling membangun..

    ReplyDelete
  52. Namanya juga berbagi ilmu....lebih baik mencoba tapi gagal dan mau berusaha dari pada diam dan berteori seolah-olah dia benar....anak sd pun bisa berteori namun apakah dia bisa berpraktik....seorang bayi gg akan bisa langsung berjalan pasti dia akan di latih diajarkan caranya dengan mempraktikannya...bukan mempraktikan denganbteori dan menjudge orang tak bisa....lebih baik membuat n gagal dari pada berteori menghina org....lalu mana hasil teori anda????????

    ReplyDelete
  53. Namanya juga berbagi ilmu....lebih baik mencoba tapi gagal dan mau berusaha dari pada diam dan berteori seolah-olah dia benar....anak sd pun bisa berteori namun apakah dia bisa berpraktik....seorang bayi gg akan bisa langsung berjalan pasti dia akan di latih diajarkan caranya dengan mempraktikannya...bukan mempraktikan denganbteori dan menjudge orang tak bisa....lebih baik membuat n gagal dari pada berteori menghina org....lalu mana hasil teori anda????????

    ReplyDelete
  54. Mas seno belajar dimana tentang turbine?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu belajar di TPU and flight inspection system navigation di curug

      Delete
  55. Faktor yg menyebabkan kegagalan (ledakan) pada pembuatan jat engine ini apa ya? Mohon infonya, Bang. Nih PIN ane 54060A06 tolong diinvite, Bang

    ReplyDelete
  56. Mas kalau mesin nya pake mesin apa dan mesin nya beli dimana mohon dibalas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jenis apa gan? kalau ingin beli di ebay gan,,

      Delete
    2. mas saya pengen belajar juga nich buat turbine engine. ni email saya. mohon dikirim tutorialnya ya mas.

      Delete
  57. Gan, tolong invite id line ane ya gan: 0267643168
    Ane mau konsul terkait masalah fuel systemnya gan, please gan, buat tugas kuliah ane. Mudah2an agan dapet pahala

    ReplyDelete
  58. Gan boleh kirimin step" nya ke email ane ga?



    Yoshuam6@gmail.com

    Thx gan

    ReplyDelete
  59. https://m.youtube.com/watch?v=5GmtAwqU1Wg punya saya mas... tapi saya bikinnya pakai turbo bekas... hasilnnya work 100% gan... rpmnya tinggi seperti mesin jet

    ReplyDelete
  60. Gan minta blue printnya

    email Rickochandra.rch@gmail.com

    ReplyDelete
  61. bahan bakar bisa minyak tanah gak. lalu bahan bakarnya tu dialirkan dari mana????
    berapa banyak blade yang digunakan????
    chambernya bisa pendek, soalnya bost sepeda saya pendek mungkin cuma bisa buat 2-5 blade????
    biasanya suhunya berapa????
    walaupun didesa kumu, rambah yang kurang maju, saya masih bertekad. (maaf pertanyaan banyak, sebab saya mungkin buka akun google sekali sehari(kalau ke warnet)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal tekanan injeksi sesuai,,,,so avtur itu minyak tanah yag sudah dimurnikan diatas 90%,,,blade skitar 12 blade,,,
      bisa asal blede di potong presisi serta penyusunan yang presisi juga,,,
      suhu bisa diatas 800 derajat celcius,,,
      wish ini dia harus semangat,,,desanya dimana kalau boleh tau,,,,sekaligus siapa tau bisa sharing technology,,,

      Delete
    2. boleh di jelasin tentang peletakan pipa kapilernya plisss??? bingung ni???

      Delete
    3. pipa kapiler terletak di depan blade turbine dia tak berputar melainkan tetap,,,saat bahan bakar di injeksi maka ada letupan api yng menembak turbin,,,

      Delete
  62. itu bisa tambah pembakaran lanjut (afterbunner) gak???

    ReplyDelete
  63. Champer nya ikut berputar atau dilas di klahar (penompang saya buat klahar),,, blade saya buat dari besi 1 mm sebagai blade turbin(rencananya 3 buah) dan 0.8 sebagai blade kompresi(2 buah),,, ngomong-ngomong saya didesa rambah, kabupaten Rokan Hulu, provinsi riau. Tinggal di dusun kumu (tempat yang terpencil).

    ReplyDelete
    Replies
    1. chamber itu tempat melakukan pembakaran,,,dia prinsipnya tetap seperti motor yg bergerak piston supply pembakaran injeksi,,,begitu juga dengan mesin turbine yg bergerak turbine supply bahan bakarnya injeksi yaitu pipa kapiler (yg saya buat),,, yg terpenting dap pembuatan ini harus presisi gan,,,beda dikit bsa goyang gan,,

      Delete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Bang @SENO'S TECHNOLOGY kasih nama facebook, please!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak kalo pake bbm,,disitu saya suka update pembuatan control, rc heli dll,,, bbm pin: 7cec6c0d

      Delete
  66. Mas,, bikin dudukan tabung tengah pake apa,, dan putaran kipas ny kmn??
    Maaf mas mau bljr jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dudukan untuk blade atau apa mas? putaran kipas sesuai blade (seperti kipas angin aja)

      Delete
  67. Mas seno saya mau blajar sama mas.. ko pin BBM mas gak bisa di invite

    ReplyDelete
  68. bang kalo bahan bakarnya menggunakan bensin tanpa pompa apa mesinya bisa bekerja....? terus dinamo staternya menggunakan tamiya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa pompa gg bsa gan,,,,gg ada tekanannya buat nyembur bahan bakar,,,pakai dinamo tamiya yg sudah di upgrade gulungannya biar cepet,,,

      Delete
    2. tanpa pompa gg bsa gan,,,,gg ada tekanannya buat nyembur bahan bakar,,,pakai dinamo tamiya yg sudah di upgrade gulungannya biar cepet,,,

      Delete
  69. Gan diameter casing yg pas brp cm y?

    ReplyDelete
  70. bagaimana kalau menggunakan gas lpj apa tidak pakai pompa juga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak pakai pompa,,,,karena gas lpg sudah ada tekanan pada tabungnya,,,

      Delete
  71. dan kenapa mesin jet suaranya sangat keras....

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena adanya perbedaan tekanan yang memaksa masuk udara bebas dan memampatkannya pada suatu chamber kecil dan menyatukan pada bahan bakar, api sehingga terjadi ledakan di chamber dan ledakan itu memaksa udara bertekanan besar keluar dengan menabrak kipas blade sehingga terjadi perbedaan tekanan antara tekanan di chamber dengan tekanan di nozle sehingga suara jet sangat keras,,,

      Delete
  72. mas jetcat tu bahan bakarnya menggunakan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo standard nya bahan bakar cair, seperti bensin/ avtur

      Delete
  73. pernah bikin pulse jet gk gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo secara detail belom gan,,,tp kalo nya pernah pake blower gan,,,

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. ane belum buat soal nya belum ada modal :v .
    oh ya video test run nya ada ga ? . soal nya blog sebelah belum ada video nya :3 . tolong ya .

    ReplyDelete
  76. gan cara nya masang popa motor ke mesinya gimana?

    ReplyDelete
  77. mas gimana sistem bahan bakarnya

    ReplyDelete
  78. gan, itu tdi sempat bingung antar gambar 1 dan 2, itu gambar, chamber di satukan sma as roda seped ya?
    terus yang masih bingung bahan bakarnya mas, sma peletakan pengapiannya, klo starter apinya kan bisa pke korek, tapi bahan bakarnya itu harus pke gas? ato bisa yang lain? terus pke pipa tembaga yang biasa di ac itu ya mas? di lubangi jarak kira" 2 cm ya mas? lubangnya brp mili mas?

    ReplyDelete
  79. Gan trus bahan bakarnya least mana

    ReplyDelete
  80. iklan min :)
    mini jet engine dan jet engine it sama prinsipnya, siklus brayton dijelaskan pada digram Ts( cek google mas bro )alangkah baiknya mengetahu prinsip kerja trlebih dahulu,
    partnya utamanya;
    -intake
    -kompressor
    -diffuser ( hanya yg mengunakan jenis kompresor centrifugal)
    -cc (combustion chamber)
    - NGV (nozzle gude vanes)
    -turbine
    -exhoust
    -cassing
    it baru part utama, belum aksesory yg lain

    missing part nya yaitu Stator kompressor dan NGV,
    terus untuk part yg dibuat
    kompressor : jenis yang mimin buat yaitu axial double stage(cek gugel :D) jenis ini menggunakan stator (wajib)sudut AOA blade dan ukuran serta banyaknya blades antara kompresor satu dengan yg kedua itu brbeda, dan tentu ada hitung2annya.

    kemudian cc, jenis yg mimin buat disebut annular, ada yg jenis can juga yng gabungan keduanya can annular. pada annular tiap lubang memiliki mksud tertentu, dan lagi2 ada hitunganya.

    next NGV ngv berfugsi sebagai pengarah energi, jadi pada intinya energi yang dihasilakn oleh cc wajib diarhkan menggunakanpar tini, sehingga pada part selanjutnya yaitu turbine energi yang diterima dapat memutar turbine.

    lanjuuuuuttt.. turbine, fungsi utama memutar kompressor, sekedar info energi yang diterima oleh turbine 80% fungsinya untuk memutar kompressor, sedagkan sisanya sebagai trust atau gaya dorong. turbine di hubingkan ke kompressor dgn menggunkan saft. dlam jet engine ada yang menggunkan single saft ada yg doble dan ada juga turbine yg berjenis fre turbine, jenis trubine yg mimin buat yaitu axial, ada juga yg centrifugal loh macem di TC alias turbo charger mobil. catatan seblum membuat turbine pahami dlu apa itu tubine reaksi dan impuls. sudut turbine dan perhitunganya serta yang paling utama dan Penting saat pembuatan yaitu BAHAN...

    iklan lewat lagi....
    *mini jet engine rata2 menghasilkan suhu max diatas 500 drajat dengan rpm max 120rbuan.. kebayangkan sistem pelumasan dan bearing serta material !!!!!

    o ia, untuk mini jet engine bisa menggunkan avtur 50 atau minyak tanah, jangan bensin atau pertamax gan :D kemudian untuk starting bisa menggunakan LPG, lbih baik lagi sih yang 5 kg, klo yg kaleng kemping tekananya rendah bray..
    funginya cuman untuk starting loh, setlh engine hot.hot gitu baru masukin liquid fuel alias mnyak tanah atau avtur 50.. :D

    semngat min anak bangsa musti bisa... ayo riset n try again...salam dari anak teknik yogyakarta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, sudah kupas kulitnya nih hehehe...
      kali aja krakatau steel bisa support bahannya, trs Regio (Pabrik Pesawat Habibie) ato PT DI (Pabrik Pesawat milik Negara) mau mengadopsinya mas...
      salam jet, semangat yuk...
      kapan Kopi Darat sesama pecinta jet nih?
      Ane posisi di Bandung untuk bbrp minggu ini +62-895-0703-8612 Nmr WA sy

      Delete
  81. Gan bensin sudah dipompa, nyalain nya pake busi atau gimana gan. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete