Wednesday 24 February 2016

7 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Gatal Di Kulit Kepala


Kita seringkali mengalami masalah gatal di kulit kepala. Tentu masalah ini membuat anda tidak nyaman karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun hal tersebut terlihat seperti masalah yang biasa saja, namun kita tidak boleh meremehkan begitu saja. Karena mungkin saja rasa gatal di kulit kepala kita bukan gatal biasa. Bisa jadi itu adalah tanda-tanda penyakit.
Penyebab Gatal Di Kulit Kepala
Oleh karena itu, sebelum kita bahas mengenai cara mengatasi gatal pada kulit kepala, lebih baik kit kenali dulu faktor-faktor yang membuat kulit kepala gatal dan selanjutnya anda dapat mencegahnya.
Yang pertama yang sering menjadi penyebab timbulnya rasa gatal di kulit kepala adalah ketombe. Banyaknya ketombe pada rambut menyebabkan rasa gatal yang berlebih sehingga kita ingin terus menggaruknya. Kemudian alergi terhadap sesuatu juga sering menjadi faktor terjadinya gatal-gatal pada kulit kepala. Yang perlu anda perhatikan bahwa terkadang ada penyakit yang memang memiliki gejala gatal-gatal pada kulit kepala. Misalnya saja pada penyakit psoriasis. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah gatal-gatal pada kulit kepala yang berkelanjutan. Kemudian muncul kerak-kerak tebal di kulit kepala.
Penyakit lain yang juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan penyakit ini adalah staphylococcal. Adapun gejala penyakit ini adalah gatal-gatal pada kulit kepala yang sangat dan kemudian akan memerah dan terasa sakit. Jika anda mengalami hal demikian, jangan coba-coba untuk terus menggaruk kepala anda, lebih baik cepat-cepat pergi ke dokter ahli untuk mengobatinya.

Cara Menghilangkan Gatal Di Kulit Kepala

Kemudian berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit kepala anda, tentu saja jika gatal pada kulit anda bukan karena penyakit, diantaranya:
1. Garam
Cara pertama yang dapat anda adalah dengan menggunakan garam. Garam selain dapat digunakan untuk bumbu masak, ternyata garam juga dapat digunakan untuk mengobati rasa gatal pada kulit kepala. Pertama ambil garam secukupnya, kemudian taburkan pada kulit kepala yang terasa gatal. Selanjutnya gosok secara perlahan sampai rasa gatal anda berkurang. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.
2. Air dingin
Jika anda merasa gatal pada kulit kepala anda, jangan mencucinya dengan air panas atau air hangat. Karena hal tersebut justru akan membuat kulit kepala anda kering dan kemudian terkelupas. Sebaliknya, cucilah kepala anda dengan air dingin, karena mencuci kepala dengan air dingin dapat mengembalikan kelembaban pada kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.
3. Jus lemon
Ternyata selain segar untuk diminum, jus lemon juga mempunyai manfaat lain, salah satunya mengatasi gatal pada kulit kepala anda. Siramkan jus lemon pada kulit kepala anda. Pijat secara perlahan hingga rasa gatal pada kepala anda berkurang. Kemudian bilaslah dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, campurkan satu sendok jus lemon pada bilasan terakhir.
4. Baking Soda
Siapa yang menyangka bahwa baking soda dapat digunakan untuk mengobati gatal pada kulit kepala. Oleh karena itu kita harus lebih banyak belajar, karena kita tahu manfaat-manfaat lain yang dimiliki bahan-bahan disekitar kita. Lanjut lagi kaitannya dengan baking soda untuk mengobati rasa gatal pada kulit kepala yaitu degan mengoleskan baking soda pada kulit kepala yang terasa gatal, kemudian pijat perlahan hingga rasa gatal berkurang.
5. Cuka Apel
Cuka apel merupakan bahan yang tepat untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Pasalnya, bahan ini mengandung anti-inflamasi yang sanggup membunuh bakteri dan kuman penyebab gatal pada kulit kepala. Caranya, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.
6. Lidah Buaya
Selain dapat menyuburkan rambut manfaat lidah buaya yang lainnya adalah mengatasi gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Ambil daun lidah buaya yang masih segar, keruk bagian dagingnya yang berlendir. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, kemudian cuci dengan air bersih.
7. Minyak Hangat
Banyak jenis minyak yang sangat bermanfaat untuk rambut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak almond. Gunakan salah satu dari minyak-minyak tersebut. Kemudian panaskan di atas api kecil. Selagi masih hangat, aplikasikan minyak tersebut pada kulit kepala. Pijat perlahan-lahan dan diamkan selama beberapa jam.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by otak einstein

0 comments:

Post a Comment