Tuesday 2 February 2016

System Pengerak Drone Berpropeller Lebih Dari 2

Hey,,,drones, apakabar, kali ini ane mau membahas postingan system penggerak pada drone ber-propeller yang lebih dari 2. Pasti sobat pecinta drone sudah tau system penggeraknya,,,tapi banyak orang yang kurang paham system penggerak drone, bahkan sudah banyak komunitas drone yg ane investigasi tetapi dia hanya tau drone heli dan drone quadcopter. Dari hasil penelusuran ke berbagai komunitas hasilnya dari 10 yang tau hanya 3 orang saja, maka dari itu ane pengen ngebahasnya bagi yang masih awam. Dunia drone sangat berkembang pesat seiring kemajuan technology yang dulu drone sebagai keperluan militer sekarang drone sudah berkembang kewarga sipil sebagai membantu dalam kegiatan sehari-hari seperti jurnalis, photography dll. Dari perkembangan ini banyak drone yang beredar dari jenis yang kecil hingga ukuran yang sangat besar serta design drone bermacam macam. Dari postingan ini ane membahas design dan bentuk drone. Ada banyak jenis jenis drone ber-propeller lebih dari2 e dengan system yang berbeda yaitu:
*drone tricopter
*drone quadcopter
*drone stingray

Drone Tricopter

                                                                     Gambar 1.0
Drone ini mempunyai 3 propeller dan 3 mesin, type drone ini menggunakan propeller type fixed propeller yang artinya propeller tetap.jenis tricopter  ada 2 yaitu memadukan dua unsur antara system mekanik dan electric dan hanya system electric saja (mempercepat dan memperlambat kerja mesin)
#Drone tricopter dengan system mekanik dan elektronik

                                               Gambar 1.1 
Drone ini menggunakan servo sebagai manuvernya, dengan kata lain serbagai arah.

                                            Gambar 1.2 (cara kerja)
drone jenis ini memanuvernya dengan menggerakan servo yang di couple ke blade dan mesin sehingga mesin dan blade tersebut mutar kiri atau kanan sehingga tricopter dapat berbelok.

#drone tricopter dengan system full electric

                                             Gambar 1.3

Drone ini menggunakan system electric sebagai maneuver yaitu dengan memperlambat atau mempercepat kinerja mesin.


                                             Gambar 1.4 (cara kerja)
drone tricopter model full electric penggeraknya dengan memperlambat atau mempercepat mesin pada setiap bladenya/propeller.




Drone Quadcopter


                                                                        Gambar 1.5
Drone quadcopter mempunyai 4 propeller model fixed dan 4 mesin, arti kata quad kalian juga pasti tau yang artinya 4. Drone jenis ini sangat banyak kita temui di komunitas-komunitas mulai dari photograpy, jurnalis dll. Drone ini mempunya cirri khas seperti huruf “X” dan mempunyai indicator warna mulai dari propeller maupun lampu di bawah arm atau lengannya, lampu ini bertujuan sebagai petunjuk untuk user agar bias mengetahui mana yang depan dan mana yang belakang.



                                               Gambar 1.6 
 drone quadcopter ini sama seperti drone tricopter model full electric penggeraknya dengan memperlambat atau mempercepat mesin pada setiap bladenya/propeller akan tetapi drone model ini lebih stabil digunakan dan sangat familiar dikalangan warga sipil/masyarakat.


Drone Stingray

                                                       Gambar 1.7
Drone model stingray ini mempunya design yang sangat mewah, dengan mengadopsi prinsip kerja drone heli dengan menggabungkannya dengan drone quadcopter. Drone ini mempunyai 4 propeller dengan model control degree yang artinya sudutnya bias di atur dan menggunakan 1 mesin, tak hanya itu drone jenis ini biasa menggunakan system hybrid type parallel, dimana drone ini bias menggunakan 2 mesin yaitu mesin jenis baterai dan mesin jenis gasoline. Dari jenis drone yang mempunyai propeller lebih dari 2, menurut saya ini adalah drone yang sangat istimewa, karena sebagian dari orang bermain drone tak lebih dari 20-30 menit setelah baterai habis maka baterai tersebut harus di charger kembali atau dengan menggantinya dengan baterai yang di charger lainnya (baterai cadangan), tapi tidak untuk jenis drone stingray ini, jika baterai habis drone ini bias memakai mesin nitro jenis rc car atau pun jenis gasoline yg khusus mesin rc heli. Di Indonesia sendiri saya belum pernah liat komunitas yang memainkan jenis drone ini atau ada tetapi terbatas, pasalnya drone ini terbilang cukup mahal harga framenya saja kisaran 4 juta (seharaga quadcopter sudah bias terbang) belum lagi electric controlnya sekitar 1 juta yang model standar terbang aja, kalo yg pakai gps sekitar 2 juta an, ditambah servo, mesin dan RX/TX sekitar 12 juta bias lebih mahal dari DJI phantom yg sudah siap terbang dan gimbal camera. Dari harga tersebut memang perfoma nya tidak bias di bohongi, dari segi maneuver drone jenis ini biasa 2-3 kali kecepatan quadcopter dan tricopter serta bisa terbang terbalik dan 3D, tidak hanya itu drone ini pernah saya lihat di komunitas hobby king menggunakan mesin jetcat p20 yaitu mesin mini jet yang harganya selangit bikin kantong bolong dengan kisaran harga 25 juta-an, nah dari situ saya yakin suatu saat nanti mungkin drone ini akan dibuat nyata dengan menggunakan mesin helicopter. Ohh iya,,,,keistimewaan apa saja sih drone dari jenis ini bisa terbang dan maneuver yang sangat cepat dari drone lainnya.


                                                             Gambar  1.8 (gambar tail 1)


                                                      Gambar  1.9 (gambar tail 2)
Drone ini bekerja sama seperti drone lainnya dalam memanfaatkan tekanan untuk bisa terbang dan memutar kiri kanan. Drone ini menggunakan perubahan kemiringan bladeatau propeller dengan respon servo sehingga dengan kemiringan propeller tersebutlah tekanan udara dapat di atur dengan kecepatan mesin tetap, beda halnya dengan drone quadcopter yang propeller tetap sehingga untuk mendapatkan tekanan yang besar untuk terbang  mesin tersebut di percepat untuk mendapatkan ketinggian yang di inginkan, oleh sebab itu respon saat mesin pada titik  lambat ke titik cepat memerlukan waktu agar mesin berputar dan waktu titik dimana tekanan sudah sesuai untuk bisa terbang, lain halnya dengan stingray yang hanya menggerakan servo dan sudut propeller berubah cepat dengan kecepatan mesin cepat ataulambat (karena sudut propeller yang berperan penting), waktu pergerakan servo pun sekitar 0.12 detik dari titik awal. Dari artikel ini mana yang anda pilih sebagai drone kesayangan,,,kalo saya tetap stingray lah yang jadi idaman,,,,kalau agan punya yang model stingray,,,,bolehlah saya mencicipinya,,,,just kidding,,,semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pecinta drone yang masih awam atau yang masih pengen coba-coba,,,hehehe,,,,salam pecinta drone nusantara.





Comments
0 Comments
Facebook Comments by otak einstein

0 comments:

Post a Comment